Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PMI di Malaysia Lulus Terbaik IPK 3.82 di Universitas Terbuka Pokjar Kuala Lumpur

24 September 2022   19:29 Diperbarui: 25 September 2022   22:01 298 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penganugerahan lulusan terbaik UT di Pokjar Kuala Lumpur. Dok. Antara/Indriani

AULIA DIAH MEIRINI seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kuliah di Universitas Terbuka (UT) Pokjar Kuala Lumpur, Malaysia, berhasil memperoleh penghargaan lulus terbaik dengan IPK 3.82. Diah merupakan sarjana pada jenjang sarjana strata satu dari program studi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan.

Mahasiswa yang sehari-harinya bekerja di sebuah pabrik di malaysia itu, memanfaatkan waktu senggangnya untuk kuliah sambil kerja. Hasilnya sangat membanggakan, diumumkan sebagai lulusan terbaik dalam acara Wisuda UT yang digelar oleh Pokjar Kuala Lumpur di Aula Hassanuddin Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur pada tanggal 28 Agustus 2022.

Pusat Pelayanan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) UT menetapkan lulusan terbaik itu melalui Surat Keputusan nomor B/141/UN31.LPPMP.7/HK.05/2022 yang dibacakan langsung oleh pengurus UT Pokjar Kuala Lumpur Taufiq Hasyim Salengke. Para wisudawan terbaik, diberikan sertifikat penghargaan dan juga tanda salempang Lulusan Terbaik UT se-Malaysia 2022 oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Malaysia, Bpk. Hermono.

Kala itu, Aulia Diah bersama keluarga dekatnya, mengikuti upacara wisuda secara virtual dari kampung halamannya di Jombang, sehingga prosesi pemasangan salempang dan pemberian sertifikat diwakilkan oleh pengurus UT Pokjar Kuala Lumpur. Pada acara tersebut, juga dipilih wakil lulusan terbaik itu wilayah Johor, yaitu Monica Renjani dengan IPK 3.41, dan dari wilayah Penang, yakni Fiarti Meta Rosela dengan IPK 3.39.

Wisudawan yang mengikuti langsung upacara wisuda di KBRI Kuala Lumpur. Dok. Pribadi.
Wisudawan yang mengikuti langsung upacara wisuda di KBRI Kuala Lumpur. Dok. Pribadi.

Keberadaan program belajar jarak jauh oleh Universitas Terbuka di luar negeri, sedikitnya memberikan peluang bagi PMI untuk meningkatkan kompetensi pendidikan dan memperluas wawasan di tengah-tengah kesibukan mencari nafkah selama merantau, sebagai bekal untuk pulang ke tanah air.

Semoga dengan digelarnya upacara wisuda bagi 86 mahasiswa UT di Malaysia tahun 2022 ini, PMI dan mahasiswa UT lainnya terinspirasi untuk kuliah dan menyelesaikan studinya tepat waktu dengan segala konsekuensianya dalam belajar sambil bekerja di perantauan. 

Setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk sukses, tergantung kita bersedia berjuang dan berkorban untuk mengambil kesempatan itu atau tidak. Bagi PMI yang ingin memanfaatkan waktu merantau sambil kuliah di Malaysia, bisa menghubungi saya di nomor WA +60123702354.[]

KL: 30082022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan