Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Belajar Berkarya dari Tokoh Pemikir Manajemen Era Klasik dan Modern

21 Mei 2022   22:28 Diperbarui: 23 Mei 2022   17:38 484 20 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi tokoh pemikir ilmu-ilmu. (sumber: shutterstock.com via kompas.com)

BIJAKSANA dalam berkarya itu penting, baik dalam berpikir maupun berperilaku. Terdapat banyak para pemikir atau ahli manajemen yang terkenal dan juga sangat bijak dalam mengkonstruksikan ide-ide mereka supaya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dunia, baik jangka pendek maupun jangka Panjang. 

Beberapa tokoh pemikir manajemen yang terkenal dengan idenya yang bijak, saya ambil masing-masing satu tokoh dari aliran klasik, neo-klasik, dan modern, sbb:

Aliran Klasik

Robert Owen memiliki npengetahuan yang populer tentang manajemen personalia hingga menghasilkan teori sendiri pada tahun 1980an. 

Dalam konsep teorinya, Owen menekankan pentingnya faktor produksi mesin dan faktor produksi tenaga kerja. Owen cukup bijak memadukan dua elemen fisik dan sosial dari aset sebuah perusahaan. 

Menurutnya, dua elemen tersebut harus senantiasa dijaga dan dikembangkan dengan baik supaya mendatangkan hasil atau keuntungan bagi perusahaan.

Faktor majunya sebuah perusahaan apabila memiliki aset sosial berupa sumber daya manusia yang hebat dengan pengetahuan dan keterampilan kerja yang bagus dan didukung oleh alat produksi yang canggih. 

Ide Owen menggabungkan antara kemampuan aset sosial dan aset fisik perusahaan akan menghasilkan produk sesuai kualitas dan kuantitas yang diinginkan.

Dok. Recreative
Dok. Recreative

Aliran Neo-Klasik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan