Mohon tunggu...
MUHAMMAD RIZKI FASHA
MUHAMMAD RIZKI FASHA Mohon Tunggu... Mahasiswa - hanya seorang manusia yang melihat suatu permasalahan dari segala aspek dan pandangan

Perkenalkan nama saya MUHAMMAD RIZKI FASHA ATTHORIQ, biasa dipanggil Thoriq

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bagaimana Caranya agar Tetap Sehat di Pandemi Covid 19 Ini?

1 Agustus 2021   22:58 Diperbarui: 1 Agustus 2021   23:00 39 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Caranya agar Tetap Sehat di Pandemi Covid 19 Ini?
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Coronavirus atau disebut juga dengan Virus Corona atau biasa disebut oleh masyarakat yaitu Covid 19 merupakan Virus yang menginfeksi saluran pernafasan atas ringan hingga sedang. Contohnya seperti penyakit Flu, Asma, dan penyakit pernafasan lainnya. Walaupun virus corona penyakitnya seperti penyakit yang biasa kita alami, tetapi hasil yang terjadi berbeda. Virus corona bahkan lebih berbahaya dibandingkan penyakit pada umumnya yang disebutkan pada contoh diatas.

Penyebab infeksi virus corona disebabkan oleh virus itu sendiri. Virus corona menyebar seperti virus pada umumnya melalui batuk/bersin, bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, dan menyentuh bagian mata, hidung atau mulut setelah memegang benda yang terkena percikan air liur pengidap virus corona. Walaupun penyebabnya seperti kegiatan biasa, tapi didalam covid hal inilah yang berbahaya. Karena mulai sekarang kita harus waspada kepada orang-orang yang ada disekitar kita.

Virus corona bisa menimbulkan beberapa gejala pada pengidapnya. Gejalanya ini muncul bergantung pada virus yang menyerang dia dan seberapa serius infeksi yang timbul. Ada beberapa ciri-ciri awal terkena corona seperti hidung beringus, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, demam, merasa tidak enak badan/meriang, dan hilangnya indra penciuman dan perasa. Gejala ini walaupun seperti pada penyakit umumnya, tetapi hasil yang diberikan akan berbeda.

Beberapa virus corona dapat menyebabkan gejala yang serius, bahkan bisa menjadi penyakit Bronkitis dan Pneumonia. Infeksi juga bisa menjadi parah apabila yang diserang memiliki penyakit jantung atau paru-paru, orang dengan imun yang lemah, bayi, bahkan lanisa. Oleh karena itu kita harus lebih memerhatikan kesehatan kita, karena virus ini bisa menyerang segala umur dan segala kelompok. Tidak perlu jauh jauh ke orang lain, kita mulai dari orang terdekat kita seperti keluarga dan saudara.

Dalam pengobatan, virus corona tidak mempunyai pengobatan khusus seperti penyakit berat yang lainnya. Tetapi kita harus melakukan beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk meredakan gejala virus corona ini. Seperti melakukan isolasi mandiri, istirahat dengan cukup, meminum obat yang menguranagi rasa sakit, demam, dan batuk, dan perbanyak makan untuk menjaga kestabilan tubuh. Dan ingat, jangan lupa untuk tidak tidur larut malam, karena bisa membuat kita sangat kelelahan dan membuat muka kita pucat.

Setelah mengetahui apa itu virus corona, penyebab, gejala, beberapa kelompok orang yang bisa terkena covid, dan bagaimana cara menanganinya. Sekarang bagaimana caranya kita tetap sehat dan bugar disaat pandemi seperti ini? Tentu kita harus melakukan kegiatan yang bisa membangun kekuatan tubuh kita. Jangan sampai kita dirumah tetapi tidak melakukan apapun untuk tubuh kita yang berharga ini. Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan saat dirumah saja.

Yang pertama, sering sering lah mencuci tangan menggunakan sabun dan menggosoknya hingga bersih. Lakukanlah setiap hari setelah pergi dari luar, bersentuhan dengan orang lain, memegang barang yang berasal dari luar, memegang hewan, dan kegiatan lainnya yang bisa menimbulkan kotor pada tangan. Karena kita tidak tahu apa yang kita sentuh benar benar sudah bersih atau tidak. Jika saat diluar tetapi tidak ada tempat untuk mencuci tangan, disarankan untuk membaa Hand  Sanitazer sendiri.

Yang kedua, hindari kontak langsung dengan orang yang mengidap penyakit. Tidak peduli apapun penyakitnya, disaat seperti ini kita harus berhati hati dalam bertemu orang lain, karena dari percikan air liur bisa menjadi penularan virus corona ini. Walaupun terkena sedikit saja, itu sudah bisa membahayakan kita. Oleh karena itu hindari kontak langsung dengan orang sekitar.

Yang ketiga, selalu kenakan masker saat bepergian keluar rumah. Menggunakan masker berguna untuk menjaga pernafasan kita dari udara kotor yang bisa mempengaruhi paru paru kita. Dan juga berguna untuk melindungi kita dari virus yang selalu lalu lalang di udara. Jadi kita diwajibkan untuk memakai masker disaat pandemi seperti ini.

Yang keempat, perbanyak olahraga untuk menjaga kekuatan daya tahan tubuh. Disaat pandemi seperti ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, karena jika daya tahan tubuh lemah maka persentase terkena covid jadi tinggi. Jadi disarankan disaat pandemi seperti ini untuk berolahraga saat mempunyai waktu luang.

Yang kelima, senantiasa makan makanan yang sehat bergizi. Disaat pandemi seperti ini, kita harus bisa memilih makanan apa saja yang boleh dimakan dan makanan apa saja yang tidak boleh dimakan. Takutnya kalau kita memakan makanan yang memberikan efek aneh kepada tubuh kita, kita bisa menjadi lemah dan terkena covid. Oleh karena itu kita harus pintar pintar dalam memilih makanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x