Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Bupati Taput: Program Pembangunan yang Kita Canangkan Harus Berbasis Data!

9 Februari 2021   13:30 Diperbarui: 9 Februari 2021   13:33 128 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bupati Taput: Program Pembangunan yang Kita Canangkan Harus Berbasis Data!
Bupati Taput Pimpin Rapat Koordinasi dengan seluruh Camat dan Kepala Desa melalui zoom meeting

Bupati Taput Pimpin Rapat Koordinasi dengan seluruh Camat dan Kepala Desa melalui zoom meeting

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan , M.Si didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung  dan beberapa Pimpinan OPD pimpin Rapat Koordinasi dengan seluruh Capat dan Kepala Desa Se-kabupaten Tapanuli Utara, tentang capaian kinerja dan hal hal yang menyangkut pembangunan di desa, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Selasa (09/02).

"Para Kepala Desa untuk lebih proaktif dalam menginformasikan kondisi di desa dan membuat program pembangunan yang akan dilaksanakan disana. Kita harus menuntaskan segala pembangunan infrastruktur yang berbasis data, baik itu bentuk bantuan ataupun data lainnya," ujar Bupati mengawali.

Dalam kesempatan itu, Bupati Taput menyampaikan hal hal yang menjadi perhatian para Camat dan Kepala Desa. Mulai dari kelengkapan dan penambahan item Data Desa Presisi bersinergi dengan BPS Taput. "Program pembangunan yang kita canangakan harus berbasis Data. Juga mengenai keanggotaan para Kepala Desa pada BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan," ujar Bupati menambahkan.  

Di samping hal diatas, selanjutnya mengenai Bumdes, Stunting, Perpustakaan Desa untuk Desa Sadar Hukum, Karang Taruna Karena ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapanuli Utara Ny. Satika Nikson Nababan br. Simamora mencanangkan Tahun 2021 sebagai Tahun Karang Taruna, menjadi materi dalam rapat koordinasi tersebut.

Sebagaimana sering disampaikan oleh Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi, pembangunan Taput utara harus dibangun berdasarkan data agar tepat sasaran. Bupati menginginkan peran aktif Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Taput untuk terus melihat dan mendata berbagai kebutuhan dan keinginan masyarakat di bawah. Kebutuhan baik dalam hal pembangunan fisik yang diinginkan haruslah berangkat dari masyarakat yang plaing bawah (Bottom up) dan Kepala Desa lah yang lebih mengetahui itu. 

Demikian juga pembangunan yang sifatnya membenahi SDM, data di desa harus presisi dan tidak salah agar keputusan dalam membuat program tepat sasaran. Jumlah Ibu Mengandung dan baru melahirkan tentulah harus terdata dengan baik, sehingga penanganan gizi untuk ibu dan anak tertangani dengan baik. Data anak sekolah juga demikian. Lansia juga harus terdata dengan baik, sehingga bantuan untuk lansia tepat sasaran dan semua diperhatikan.

Sebagaimana telah dicanangkan oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora bahwa tahun 2021 adalah Tahun Karang Taruna. Ini juga harus menjadi perhatian serius agar anak muda produktif di berbagai daerah. Karang Taruna di Kabupaten Tapanuli Utara haruslah salah satu unsur masyarakat yang terdepan dalam mengisi masa depan Tapanuli utara.

Program Pembangunan yang berbasis data, diyakini oleh Bupati Taput akan membuat anggaran pembangunan bisa dirasakan nyata oleh masyarakat Tapanuli Utara. Sehingga Kepala Desa dan Camat harus betul-betul mengerjakan data dengan baik dan serius.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x