Mohon tunggu...
Thommy Djun
Thommy Djun Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Karakteristik Mahasiswa FISIP UAJY Menurut Empat Kosentrasi Studinya

2 November 2017   02:42 Diperbarui: 2 November 2017   02:50 720
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi. Makrab Jurnal angkatan 2014

Sebelum memasuki kurikulum 2017/2018, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Politik Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) memiliki ciri-ciri unik yang menggambarkan kosentrasi studinya. Sebelum kurikulum 2017/2018 terdapat empat program kosentrasi studi yang ada di FISIP UAJY. Dimulai dari Jurnalisme, Public Relation (PR), Advertising (Iklan), dan Kajian Media (Kamed). Sebagian besar mahasiswa FISIP UAJY dapat dilihat dari penampilan mereka yang  menjadi karakteristik atau gambaran kosentrasi studi mereka. Berikut ciri khasnya:

Anak Jurnal

Jika dilihat dari segi penampilan, anak jurnal terlihat santai dan tidak terlalu ribet. Anak jurnal biasanya berkulitnya gelap. Hal itu dikarenakan seringnya liputan dan terkena sinar matahari. Anak jurnal juga dapat diketahui dengan aktivitas mereka. Anak jurnal sering membongkar ruang penyimpanan koran yang ada di perpustakaan. Sering bawa kamera untuk memfoto atau memvideokan sesuatu. Selain itu, jika kalian mendengar percakapan anak-anak jurnal maka tidak jauh dari kata "udah wawancara?", "siapa narasumber", "liputan", dan kata khas anak jurnal lainnya.

"Kalo penampilan lebih simplesih dari pada anak konsentrasi lain. Suka pake sneakers, baju berkerah, bawa tas ransel. Sering bawa buku kecil untuk nyatat, sering bawa kamera buat motret, dan kalau mikir lebih banyak dari segi media kali ya. Kayak misalnya lihat video atau berita yang dilihat itu tekniknya." Kata Yosepha Debrina, mahasiswa FISIP UAJY kosentrasi Jurnalisme angkatan 2014.

Anak Advertising (Iklan)

Penampilan anak iklan hampir sama dengan anak jurnal, santai dan tidak ribet. Yang membedakan anak iklan adalah ketika tiba-tiba di kampus terdapat berbagai tenda. Tenda-tenda itu terdiri dari tenda makanan, tenda ramalan, tenda turnamen PS (Playstation), dan tenda kreatif lainnya. Anak-anak iklan juga biasanya terkesan kreatif, mungkin ini karena dituntut seperti itu.

"Anak iklan itu yang suka bikin ribut di kampus dan bikin tenda di lorong lantai satu, itu sudah pasti anak iklan. Biasanya anak iklan itu pusing soal desain poster, brend, dan pemasaran produk." Kata Andris Saputra, mahasiswa FISIP UAJY kosentrasi Advertising 2014.

Anak PR

Nah kalau anak PR jika dari penampilan sangat berbeda jauh dengan tiga kosentrasi lainnya. Penampilan mereka sangat rapi dan terkesan perfectionist. Ketika kamu masuk di kosentrasi PR kamu akan dituntut berpenampilan rapi. Maka dari itu kebanyakan anak-anak yang dulu tidak terlalu memperhatikan soal penampilan, ketika masuk kosentrasi PR penampilan mereka berubah. Hal itu dikarenakan mereka akan dihadapkan dengan klien. Katanya sih begitu.

"PR tuh kan menjunjung image bagi suatu perusahaan atau organisasi. Nah,  oleh sebab itu penampilan adalah hal yang penting sehingga citra perusahaan atau organisasi akan dikenal baik. Itusih alasannya." Kata Febri Go, mahasiswa FISIP UAJY kosentrasi PR 2014.

Anak Kajian Media (Kamed)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun