Mohon tunggu...
Thomas Je
Thomas Je Mohon Tunggu... Menulis yang ingin ditulis

There's no Superman.....\r\n\r\n...menulis yang ingin ditulis....

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Investor Pemula? Jangan Saham, Berat, Biar Reksadana Saja

17 Januari 2020   13:00 Diperbarui: 18 Januari 2020   11:22 88 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Investor Pemula? Jangan Saham, Berat, Biar Reksadana Saja
antaraphoto

Investasi saham gorengan yang dilakukan oleh perusahaan asuransi milik pemerintah PT. Jiwasraya dan PT. Asabri baru-baru ini menggemparkan masyarakat Indonesia. 

Kerugian Negara pada kedua perusahaan BUMN ini mencapai lebih dari 20 trilyun rupiah, angka yang sangat fantastis melebihi bahkan berkali lipat dari jumlah APBD Kota dan Kabupaten di Indonesia. 

Sebenarnya semua investasi pasti ada resiko untung ruginya, dan semestinya sudah diketahui dan disiapkan dari awal. Hanya saja di kedua kasus ini, ada indikasi permainan investasi saham tertentu, demi keuntungan pihak-pihak tertentu pula. 

Lalu apakah melakukan investasi di pasar saham dan turunannya menjadi begitu menakutkan? Jangan sampai Kasus Jiwasraya Asabri ini menjadikan kita masyarakat Indonesia menjadi surut untuk berinvestasi.

Berinvestasi ataupun melakukan perdagangan saham alias trading saham bisa membuat orang kaya raya, namun juga bisa miskin dalam sehari saja. Warren Buffet salah satu suksesor investasi saham menjadi panutan bagi para investor di seluruh dunia. 

Di Indonesia juga cukup banyak yang sukses berinvestasi di saham, salah satunya adalah Loo Keng Hong, pria asal Pontianak ini kini sudah menjadi miliarder karena kepiawaiannya berinvestasi di saham-saham yang menguntungkan. 

Yang bangkrut? Banyak juga pastinya. Terakhir ada Benny Tjokrosaputro alias Bencok, bos PT. Hanson (MYRX) yang diduga ikut bermain di Kasus Jiwasraya Asabri, sudah ditetapkan sebagai tersangka bersama petinggi Jiwasraya

Pernah juga Artis Kevin Aprilio yang menderita kerugian miliaran rupiah karena Investasinya bermasalah. Sampai saat ini pentolan band Vierra ini masih berusaha bangkit dari keterpurukan investasinya.

Sebenarnya untuk investor pemula, ada beberapa tahap jika mau berinvestasi dengan tenang, nyaman dan aman. Banyak Platform Investasi Online yang sudah legal, terdaftar dan sangat mudah penggunannya, bahkan dari genggaman tangan sekalipun, alias melalui smartphone. 

Jika seseorang mau menjadi investor, pelajari dulu seluk beluk tentang investasi ini dengan baik. Banyak informasi bisa didapat dari internet, media sosial bahkan video-video di youtube juga sangat banyak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN