Mohon tunggu...
Ragu Theodolfi
Ragu Theodolfi Mohon Tunggu... Lainnya - Penikmat seni, pencinta keindahan

Happiness never decreases by being shared

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Hindari Penyakit Tidak Menular dengan Jalan Kaki

2 November 2022   20:53 Diperbarui: 3 November 2022   03:38 968
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jalan kaki, aktivitas sederhana yang dapat membuat kita terhindar dari penyakit tidak menular. Sumber: Kompas/RONY ARIYANTO NUGROHO

Penyakit tidak menular atau yang disingkat PTM, sedang trending saat ini.  Tingkat kematian akibat PTM berada di atas angka rata-rata. Dilansir dari WHO (2022), setidaknya terdapat 74% kematian  di dunia disebabkan  karena penyakit tidak menular, dan 17 juta orang meninggal sebelum mencapai usia 70 tahun. 

Sebuah angka yang fantastis!

Angka prevalensi beberapa penyakit tidak menular seperti penyakit kanker, diabetes, paru kronis maupun jantung semakin meningkat beberapa tahun terakhir.

Masuk akal sebenarnya. Peningkatan kasus PTM berkaitan erat dengan faktor resiko yang ada.  Badan Kesehatan Dunia, WHO, menyebutkan konsumsi alkohol, diet garam, obesitas, pencemaran udara di lingkungan, pencemaran udara dalam rumah, konsumsi tembakau dan minimnya aktivitas fisik sebagai faktor resiko  mengapa prevalensi PTM terus meningkat.

Minim aktivitas fisik

Salah satu faktor resiko yang memberi kontribusi yang besar terhadap peningkatan PTM, adalah kurangnya aktivitas fisik.  Aktivitas fisik yang dimaksud adalah semua aktivitas yang dilakukan dalam rumah, sekolah, tempat kerja termasuk perjalanan. 

Tidaklah mengherankan bila proporsi angka ini cukup besar. Di sekolah, aktivitas fisik juga sangat terbatas, lebih banyak dihabiskan di tempat duduk. Di tempat kerja, apalagi. 

Ketika kegiatan dilakukan di depan komputer atau ketika berinteraksi dengan gadget,  kita betah berlama-lama di sana.   Anda, bahkan Saya, mungkin tidak memiliki waktu untuk mengkonversinya dalam hitungan jam, bukan? 

Interaksi dengan internet mengurangi  aktivitas fisik (Pexels/Vlada karpovich)
Interaksi dengan internet mengurangi  aktivitas fisik (Pexels/Vlada karpovich)

Hasil riset yang dilakukan oleh sebuah lembaga menyatakan bahwa Indonesia menempati peringkat delapan negara  pengguna internet dengan akses paling lama di dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun