Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

493 Tahun Jakarta Tersandera Covid-19

22 Juni 2020   20:35 Diperbarui: 22 Juni 2020   20:25 24 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
493 Tahun Jakarta Tersandera Covid-19
Dok Pemda DKI

Tidak ada yang menduga bahkan tidak pernah terpikirkan bahwa kota Jakarta mengalami musibah di pertengahan tahun 2020.  Memang ada banjir diawal tahun namun tergenangnya air di seantero ibu kota dianggap langganan.  Virus corona mendunia,  Indonesia tida bisa menghindar bersebab mobilisasi manusia yang membawa virus tersebut.

Pemerintah Daerah Khusus Ibukota lebih 3 bulan berjuang melawan corona dalam artian menekan jumlah korban.  Untunglah Gubenur Anies Basedan bertindak lebih awal dengan menutup tempat ibadah, sekolah dan pasar/ mal dan juga tempat wisata. Kalau tidak bisa jadi warga Jakarta keteteran menghadapi pandemi covid 19.

Ulang tahun ke 493 dirayakan  secara sederhana.  Tidak ada keramaian di setiap kelurahan .  Tidak ada lagi lomba lomba.  Ya kemeriahan itu di tahun 2020 kita hentikan sementara karena tersandera covid 19.  Semoga tahun depan kemeriahan Jakarta menyambut ulang tahun yang semakin tua semakin semarak pula.  Inilah tahun prihatin pada semua sisi kehidupan warga baik yang berpunya maupun yang papa.

Seperti diberitakan okezone JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta merilis logo resmi hari ulang tahun (HUT) ke-493 yang jatuh pada hari ini, Senin 22 Juni 2020. Dalam situs resmi Pemrov DKI Jakarta, logo tersebut menggambarkan lima simbol disertai tagline 'Jakarta Tangguh' melambangkan perjuangan Kota Jakarta berjuang melawan virus corona.

Simbol pertama adalah Monas yang menjadi ikon dan jati diri Kota Jakarta. Kedua, ada MRT yang melambangkan dari kemajuan dan pelayanan masyarakat. Ketiga, mentari bersinar cerah yang menjadi simbol dari harapan dan masa depan cerah.

  Keempat, ada simbol masker yang menggambarkan suasana pandemi corona dan perlindungan, terakhir, tiga tangan mengepal yang berarti ketangguhan, kolaborasi, semangat yang tidak pernah padam.

"Logo HUT DKI Jakarta ke-493 memiliki makna Kota Jakarta yang tangguh, kolaborasi yang harmonis Pemerintah Kota Jakarta dengan setiap elemen masyarakat, semangat pantang menyerah yang tak kunjung padam, untuk menyongsong Kota Jakarta yang maju, tangguh, sejahtera dan terlepas dari pandemi Covid-19," tulis Pemprov DKI dalam akunnya @DKIJakarta yang dilihat

Dok Pemda DKI
Dok Pemda DKI
Jakarta 493 tahun,  usia melebihi kemerdekaan Indonesia.  Sejarah mencatat demikian adanya. Kebudayaan Betawi sebagai tuan tanah (rumah) terus dipertahankan dari satu generasi ke generasi.  Catatan sejarah nan tergelar di Kota Tua hendaknya terus dilestarikan bersebab sejarah memang perlu pembuktian fisik.  Artinya jakarta  bukan hanya sekdedar di catat pada buku sejarah.

Itulah tanggung jawab seluruh warga.  Kni kita membuat sejarah untuk generasi penerus.  Apa yang sudah dilakukan untuk Jakarta terpulang pada diri masing masing warga. Paling tidak kewajiban mematuhi setiap Perda demi  kemaslahatan bersama.  Patuh pula membayar pajak sebagai bentuk tanggung jawab demi pengembangan pembangunan kota tercinta

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-493 Bertema 'Jakarta Tangguh' tetapa digelar di halaman Balai Kota DKI Jakarta di tengah pandemi virus corona atau covid-19. Pemprov DKI Jakarta pun siap bangkit dari berbagai bencana, tantangan, dan cobaan termasuk wabah Covid-19.

Selaku inspektur upacara, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pandemi Covid-19 yang menimpa Jakarta kali ini bukan yang pertama. Seabad lalu, pada 1918 pandemi Spanish flu yang melanda dunia juga berdampak pada Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN