Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan profesional

Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Saran Pena Kawan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Oleh Oleh Ramadhan : Kedermawanan Sosial

14 Juni 2018   17:32 Diperbarui: 15 Juni 2018   05:18 280 0 1
Oleh Oleh Ramadhan : Kedermawanan Sosial
img-20180611-wa0045-5b22e89ff133445fb079d6c2.jpg

KEDERMAWANAN SOSIAL OLEH OLEH RAMADHAN

Thamrin Dahlan

Terinspirasi lagu lawas 30 menit awakpun nak berkisah sedikit tentang ramadhan. Konsisten melanjutkan tulisan menyambut bulan suci puasa maka peristiwa 29 hari ditorehkan.

Pertama ungkapan syukur ke hadirat  Illahi diberi kesempatan masuk di bulan Ramadhan. Kedua dan selanjutya berterima kasih kepada anak istri dan handai tolan bersama sama menjalankan ibadah sembari saling menyemangatkan.

Ramadhanku di masa kecil tentu  berbeda makna dengan Ramadhan kepala enam. Walau rasa lapar dan haus tetap sama namun dalam menyikapi tak ada merengek dan penasehat puasa si ibu bapa.

Ramadhan penuh sukacita bertempur melawan nafsu angkara murka. Hari demi hari demi ibadah sunah  tarawih dan tadarus melawan kantuk dan lelah.

Tinggal 15 menit Ramadhan berlalu. Satu saja kejaiban sedekah. Cash back luar biasa terbuktikan dari Allah SWT.

Kisah nyata awak alami ketika menyerahkan infaq untuk kegiatan ifthor  di mosholla depan rumah. Tak terduga dan tidak menyangka rezeki tiba melebihi besaran infaq.

Kemudian setelah itu bukan ingin riya seorang sahabat menyapa via pesan singkat. Justru nan tersirat tertangkap keperluan kebutuhan lebaran. Awak bersegera transfer dana  bersebab kami berlainan kota.

Cash back istilah pemasaran yang sedang populer awak rasakan. Ternyata bulan ramadhan Allah SWT langsung melipatkan pahala berganda. Rekening awak bertambah bukan malah berkurang. Seorang sahabat tanpa diminta mengirim dana tanda terima kasih entah bersebab apa.

InshaAllah tidak tidak ada lagi keraguan ketika dihati tergetar niat berbagi. Jangan tunda kebaikan karena syethan membimbangkan seiring waktu berjalan. Bersegeralah membantu sesuai kemampuan, tak akan miskin karena berbagi.

Mengapa tidak belajar dari zakat fitrah yang hanya ada di bulan ramadhan.  ALLAH SWT mewajibkan kepada semua jiwa untuk mengeluarkan uang 40.000 rupiah. Tidak peduli kaya atau miskin. Oleh karena itu berikan zakat kepada kaum dhufa jauh jauh hari sebelum idhul fitri agar mereka berkemampuan menunaikan kewajiban. Distribusi aturan figh ini mari lanjutkan di bulan bulan berikutnya.

Peningkatan keimanan  menuju  kesejahteraan dalam amal ibadah tanpa keraguan. Yaitu ketika suara hati berhasil  memenangkan setiap  pergulatan dengan penghalang kebaikan bersama syethan.

Sejatinya inilah oleh oleh ramadhan 1439 H sebagai bekal 11 bulan kedepan. Kedermawanan sosial gemar berbagi  karena sesungguhnya apa yang ada dilangit dan bumi milik Allah Tuhan Yang Maha Pemberi Rezeki. Jadikan diri kita sebagai pendistribusi kekayaan alam semesta dan  ketika amanah ditunaikan maka kebahagiaan melingkupi kehidupan manusia.

Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1439 Hirjiah

Mohon Maaf Lahir bathin

Allah Akbar.
1 Syawal 1439 H
Tempino Jambi
Salamsalaman
TD.