Mohon tunggu...
Teuku Farhan
Teuku Farhan Mohon Tunggu... Freelancer - Praktisi IT

learn | practice | share | repeat

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menyantap Konten Tablet PC

11 Agustus 2012   15:48 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:55 738
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

oleh : Teuku Farhan*

Siapa yang tak kenal dengan Tablet PC? Akhir-akhir ini bagi kaum professional muda, mahasiswa, pebisnis barangkali akrab dengan nama Tablet . Tablet yang sedang saya bicarakan ini bukanlah obat berbentuk tablet tapi sebuah komputer mini yang sedang populer saat ini. Bentuknya seukuran buku bacaan biasa. Ukuran layar monitornya mulai 7 - 10 inchi. Saat ini kita sering melihat Komputer Tablet ini gemar ditenteng oleh anak-anak, remaja sampai orang tua. Sebagian besar fungsi Komputer Tablet ini digunakan untuk menjelajah Internet, menikmati hiburan musik, bermain game, menonton film dan tv, berbelanja sampai membuat catatan pribadi atau menulis menggunakan aplikasi perkantoran seperti yang biasa dilakukan pada Komputer Desktop dan Laptop. Kenapa Komputer Tablet banyak digemari? Apa saja kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan menggunakan Komputer Tablet? Sudahkah Anda memaksimalkan penggunaan Komputer Tablet untuk menunjang kegiatan agar semakin produktif? .

Sebelum saya berikan pendapat tentang pertanyaan tersebut, mari kita simak beberapa fakta menarik yang baru saja dirilis oleh situs ternama dunia dalam menganalisa bisnis digital, ComScore.com. Data ini dirilis pada bulan Agustus 2012 dengan data pengguna di Amerika dan usia pengguna 13 tahun ke-atas yang di survey pada akhir Juni 2012. Data tersebut mengatakan Komputer Tablet saat ini menempati posisi ke-empat dalam kehidupan konsumen setelah Televisi, PC (red.Personal Computer), dan Smartphones (red.Ponsel Pintar) sebagai pintu gerbang ke dalam konsumsi media digital. Data lain menyebutkan 1 dari 4 orang pengguna Smartphone menggunakan Tablet, 3 dari 5 orang membaca buku melalui Tablet, 2 dari 3 orang mengakses situs jejaring sosial, 1 dari 3 orang hampir setiap hari mengakses situs jejaring sosial, seperti diketahui situs jejaring sosial yang populer di dunia saat ini adalah Facebook dan Twitter. Dari 7 orang pengguna Tablet, 10 orang menggunakannya untuk bermain games. 50 persen orang menggunakannya untuk mendengar musik. 39 persen berbelanja menggunakan tabletnya. Barang yang paling banyak dibeli adalah pakaian dan aksesoris, buku dan tiket. 44 persen mengakses akun Bank melalui tablet. Pengguna Tablet terbanyak adalah mereka yang berusia 25-34 tahun. Data selengkapnya bisa dilihat melalui short urlberikut : http://goo.gl/TPLnA.

Teknologi Positif dan Produktif
Dari data tersebut, menunjukkan semakin eratnya hubungan manusia dengan Teknologi. Bagi yang terbiasa menggunakan komputer desktop dan laptop untuk kebutuhan sehari-hari, Komputer Tablet nyaris menggantikan pekerjaan yang selama ini kita lakukan pada komputer desktop dan laptop. Saat menggunakan Komputer Tablet, seseorang dapat melakukan aktifitasnya apakah itu pekerjaan atau hobinya dengan mudah dan cepat, seperti menjelajah Internet, mengirim Email, menulis catatan harian, merekam suara, merekam foto dan video, membuat surat dan slide presentasi, berbelanja di toko online, mengunjungi situs-situs berita untuk mendapatkan informasi terkini, terhubung dengan teman di seluruh dunia melalui Facebook dan Twitter, mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an atau rekaman ceramah agama, membaca Qur’an, Kitab-Kitab Hadist, majalah, buku-buku pelajaran sekolah, bermain game belajar huruf hijaiyah, bermain game yang mengasah otak dan daya ingat seperti Game Amazing Alex, apalagi jika ada pengembang aplikasi yang menciptakan simulasi belajar Al-Qur’an, hadits, sejarah Islam, dan aqidah Islam tentu manfaatnya sangat besar karena pemilih Komputer Tablet akan memiliki alternatif aplikasi-aplikasi yang islami. Seperti yang sudah dipelopori oleh Tim Multimedia MIT Indonesia yang telah membuat terobosan Simulasi Game Meurunoe Beut (red.Belajar Mengaji) yang berguna untuk mengajarkan anak-anak Balita mengenal huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan sesuai dengan usianya. Walau game ini baru bisa dijalankan menggunakan Komputer Desktop dan Laptop, ke depan akan dikembangkan pula dalam versi tablet sehingga orang tua dimanapun di seluruh dunia bisa memanfaatkan game ini untuk mengajarkan anaknya mengenal huruf hijaiyah. Game tersebut dapat didownload di website mit.or.id.Salah satu penyebab Komputer Tablet digemari salah satunya dikarenakan pengguna dapat memanfaatkan untuk hal-hal telah saya sebutkan tadi, selain itu harganya semakin terjangkau mulai 800 ribuan untuk Tablet kelas bawah, sampai harga 5 jutaan untuk Komputer Tablet kelas premium. Walau harganya bervariasi secara umum Tablet kelas bawah sudah mengakomodir kebutuhan untuk menikmati fitur-fitur Komputer Tablet secara maksimal. Teknologi ibarat sebuat pisau yang dapat digunakan untuk menyakiti diri sendiri atau untuk memotong makanan dan dimakan bersama-sama. Pemanfaatan Teknologi sangat tergantung kepada karakter penggunanya, untuk itu pengguna perlu diberikan pilihan dan informasi agar dapat memanfaatkan teknologi secara positif dan produktif. Walau demikian, pengguna bertanggung jawab atas buruknya dampak teknologi karena dimanfaatkan untuk hal-hal negatif seperti bermain judi online, bermain game yang tidak bermanfaat, menggunakan situs jejaring sosial berlebihan dan dilakukan untuk hal-hal yang sia-sia tanpa makna dan manfaat untuk orang lain. Perlu diketahui bahwa pengguna Tablet menyumbang “dosa” apabila memilih aplikasi yang tidak bermanfaat karena setiap satu aplikasi diunduh maka akan menambah popularitas aplikasi tersebut. Sebaliknya pengguna Tablet dapat menyumbang “pahala” apabila mengunduh aplikasi yang bermanfaat karena akan menambah popularitas aplikasi tersebut, bayangkan jika di dalam daftar aplikasi yang terdaftar dalam Komputer Tablet tersebut adalah aplikasi-aplikasi Islami seperti Qur'an, Qur'an terjemahan, Hadist, tentu kita turut mensyiarkan kebaikan dan Islam ke seluruh dunia. Kita juga berharap para pengembang aplikasi juga tidak hanya menjadi penonton saja tapi juga menjadi pemain dengan kreatif menciptakan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi orang banyak dan tentunya dengan tidak menghilangkan identitas seorang muslim dan menghadirkan Islam dalam Komputer Tablet. Dengan demikian, Komputer Tablet dapat dimanfaatkan secara maksimal. Semoga...

*Penulis adalah Ketua Masyarakat Informasi dan Teknologi Indonesia berdomisili di Banda Aceh. Email : mail@teukufarhan.com


Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun