Mohon tunggu...
Teguh Ari Prianto
Teguh Ari Prianto Mohon Tunggu... Penulis - Tutor

Praktisi sosial budaya dan literasi masyarakat. Tutor PKBM Sukamulya. Alumni FISIP Universitas Al-Ghifari. Tinggal di Bandung

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kepramukaan: Selain Permainan, PKBM Wajib Pahami Ini

30 September 2022   13:30 Diperbarui: 30 September 2022   14:47 391 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kepramukaan bagi Tutor PKBM, menambah khazanah kecakapan bagi dunia pendidikan non formal di Kota Bandung. Photo: Forum Tutor Kesetaraan Kota Bandung

Bermain selalu menghadirkan rasa senang bagi hati. Menjalani permainan akan mampu mendorong kita memasuki suasana gembira.

Dalam mencapai rasa gembira atau senang dalam permainan, bukan berarti pada  prosesnya kita boleh bermain-main. Selalu ada langkah bahkan strategi yang serius dan jitu untuk mencapai puncak kegembiraan bermain.

Bermain memerlukan sikap kedewasaan serta kecermatan. Orang melakukan permainan-permainan kadang mempersiapkan dirinya dengan sejumlah talenta keprofesionalitasannya agar permainan hadir lebih berisi dan bermakna mendalam.

Menemukan hal itu semua, kita bisa menyaksikannya dalam Gerakan Pramuka. Organisasi Pandu, istilah lain pendahulu Gerakan Pramuka, Menawarkan sejumlah cara agar mampu memiliki skiil dasar kehidupan. Gerakan Pramuka mengemas sedemikian banyak permainan bermakna dalam rangka membangun karakter diri bangsa.

Perlu kita cermati sebelumnya, saat menyelami gerakan kepanduan ini. Setidaknya dari uraian diatas terutama mengenai istilah yang  disebutkan bahwa ada yang dinamakan Gerakan Pramuka dan istilah Pramuka. Lalu apa arti dari istilah-istilah itu?

Undang-undang Nomor Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka Pasal 1 angka 1, memberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk
menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

Dengan demikian, Pramuka itu merupakan istilah yang dipakai untuk menunjuk seseorang yang bergabung kepada organisasi Gerakan Pramuka dengan syarat-syarat tertentu diantaranya yaitu mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka (Uu No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka Pasal 1 ayat 2).

Sementara itu, hal penting lain dalam memahami Gerakan Pramuka yaitu disana ada sebutan  pendidikan kepramukaan, suatu istilah khusus dalam gerakan ini, sebagaimana dijelaskan UU Gerakan Pramuka pasal 1 angka 4, berbunyi bahwa Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan
hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-
nilai kepramukaan.

Dari sini jelas, ada korelasi yang sangat kuat dalam tubuh Gerakan Pramuka antara keabsahan organisasi dengan proses berkegiatan anggota organisasi melalui praktek pendidikan khusus yang dimiliki Organisasi Gerakan Pramuka.

Jika saja Gerakan Pramuka mengemas permainan-permainan  dalam proses gerakan organisasinya, tiada lain hal itu untuk menunjukan adanya kekhususan cara pengemasan praktek pendidikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan