Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - Pegawai

Sederhanakan segala sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

127 Tahun BRI Membangun Ekonomi Negeri, Wujud Nyata Peduli UMKM

21 November 2022   13:00 Diperbarui: 21 November 2022   13:00 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama 127 Tahun sudah BRI berkontribusi membangun ekonomi indonesia lewat tindakan pemberdayaannya terhadap masyarakat-masyarakat dengan usaha kecil mereka dengan membantu dari segi permodalan usaha.

Terus bertumbuh dan menjaga tingkat kepercayaan masyarakat, hingga akhir Kuartal II 2022 tercatat jumlah rekening Tabungan BRI Simpedes mencapai sebanyak 110,98 juta rekening dengan total simpanan mencapai Rp 282,38 triliun 

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 64 juta. Jumlah itu mencerminkan sekitar 97 persen tenaga kerja secara nasional.

Kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional mencapai angka 61 persen dengan angka penyerapan tenaga kerja yang mencapai 97 persen, ini menunjukan betapa besarnya peran UMKM terhadap pertumbuhan serta perputaran ekonomi nasional.

Salah satu contoh nyata kehadiran BRI Lewat anak usahanya PT Permodalan Nasional Madani (PNM) pada Oktober 2022 mencatat jumlah nasabah PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) hingga 12,871,635 di seluruh Indonesia. Total penyaluran dalam program PNM Mekaar ini pun mencapai Rp 145,43 triliun.

Berbagai produk pinjaman BRI telah terbukti membantu rakyat dalam membangun usaha-usaha mereka, Di momen perayaan HUT127BRI ini, BRI menunjukan betapa kebermanfaatan yang berkelanjutan antara rakyat kecil dan BRI terjalin hubungan emosional yang dalam. 

BRI kembali memberikan aksi dan bukti nyata lewat acara pameran virtual industri kreatif usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang digelar PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) tersebut bertajuk "Lokal Keren Jawa Timur (Jatim) Road to BRILianpreneur. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian agenda BRILianpreneur yang diikuti oleh 251 UMKM terpilih. 

BRILianpreneur adalah upaya dan wujud nyata BRI untuk mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Saya sebagai masyarakat yang melihat dan mengatamati langsung aksi nyata dan apa yang dirasakan masyarakat kecil lewat semua program yang diusung oleh BRI sampai pada HUT127BRI, maka terlihat nyatalah peran BRI dalam membangun ekonomi bangsa. 

Lewat bantuan permodalan yang diberikan BRI lewat produk KUR dan KUPEDES nya, membuktikan secara nyata bahwa BRI adalah Pahlawan Finansial bagi bangsa, terkhusus rakyat kecil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun