Mohon tunggu...
Tazqia Aulia Zalzabillah
Tazqia Aulia Zalzabillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Ilmu Komunikasi 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM UMM Gelombang 08 Kelompok 11 Tahun 2022: Bangun Strategi Pemasaran Nasi Krawu "Buk Marjani" Melalui Media Sosial Instagram

30 September 2022   22:55 Diperbarui: 30 September 2022   23:11 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PMM Gel. 08 Kel. 11 Th. 2022 koordinasi dengan Fathia pemilik Nasi Krawu "Buk Marjani"/dokpri

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelombang 08 Kelompok 11 Tahun 2022 mengadakan program kerja hubungan masyarakat yang berfokus pada branding sebuah usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang kuliner di sekitar wilayah Kelurahan Kebungson, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Tidak lain UMKM kuliner tersebut adalah Nasi Krawu "Buk Marjani".

Kegiatan PMM di Nasi Krawu "Buk Marjani" berlangsung dari tanggal 27 Agustus s/d 18 September 2022. Kelompok dengan dosen penanggungjawab lapangan (DPL) Delora Jantung Amalia, M.Pd. Kelompok ini berjumlah 5 anggota yang berasal dari program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Warga Gresik mana yang tidak tahu makanan khas Gresik satu ini, nasi krawu. Dikutip dari Disparbud Kab. Gresik, Nasi krawu merupakan satu makanan kuno yang sampai hari ini masih bisa ditemui di kota Santri, Gresik, Jawa Timur. Meski berkembang di Gresik, ada pendapat bahwa makanan ini merupakan masakan leluhur dari Madura. Salah satunya didasarkan pada banyaknya pedagang nasi krawu yang berasal dari Madura.

Di wilayah Kelurahan Kebungson terdapat UMKM kuliner nasi krawu yang sangat melegenda. Banyak warga Gresik yang mengetahui UMKM kuliner satu ini yang tidak lain adalah Nasi Krawu "Buk Marjani". Lokasi warung sangat strategis, berada di Jl. Nyai Ageng Pinatih Gresik Kota.

"Warung Nasi Krawu "Buk Marjani" ini sudah ada sejak mbah saya, saya ini terhitung generasi ketiga setelah ibu saya", Ujar Fathia pemilik warung Nasi Krawu "Buk Marjani".

Seiring berjalannya waktu, Nasi Krawu "Buk Marjani" mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya melalui media sosial. PMM Gelombang 08 Kelompok 11 Tahun 2022 membantu Nasi Krawu "Buk Marjani" untuk memasarkan produknya melalui media sosial dengan tatanan strategi pemasaran yang sedang marak saat ini.

Sebelum beranjak melaksanakan program kerja, PMM Gelombang 08 Kelompok 11 Tahun 2022 berkoordinasi dengan pihak Nasi Krawu "Buk Marjani" untuk brainstorming mengenai permasalahan pemasaran produk UMKM kuliner ini.

Setelah melakukan brainstorming, kurang lebih selama 2 minggu PMM Gelombang 08 Kelompok 11 Tahun 2022 melaksanakan kegiatan tersebut meliputi membuatkan company profile Nasi Krawu "Buk Marjani", menata feeds dan membuat konten intagram yang sesuai dengan brand identity Nasi Krawu "Buk Marjani", hingga mengadakan giveaway dengan tujuan memperkenalkan brand secara luas kepada calon konsumen.

Pembuatan konten untuk instagram @nasikrawubuk | Foto: Shafira Salsabila/dokpri
Pembuatan konten untuk instagram @nasikrawubuk | Foto: Shafira Salsabila/dokpri

Proses pembuatan company profile Nasi Krawu
Proses pembuatan company profile Nasi Krawu "Buk Marjani" | Foto: Tazqia Aulia Zalzabillah/dokpri

Tak hanya itu, PMM Gelombang 08 Kelompok 11 Tahun 2022 juga ikut serta dalam proses mulai dari awal hingga akhir pembuatan nasi krawu dan juga membantu memasarkan produk melalui bazar yang diadakan Kelurahan Kebungson mencari calon konsumen baru dan agar lebih produktif serta berdaya saing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun