Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Konsultan - Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : RUBI (Ruang Belajar dan Inspirasi) email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Leadership Series (5): Seni Membangun Personal Branding

9 Agustus 2020   08:20 Diperbarui: 9 Agustus 2020   08:14 1246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Personal Branding adalah Seni (Sumber : Ideaimaji.com)

Setiap orang sejatinya adalah brand untuk dirinya sendiri. Dan setiap orang juga selalu berusaha membangun suatu citra tertentu terhadap dirinya dan memasarkannya kepada orang lain. Ada yang membangun citra dirinya sebagai seorang Penulis, ada yang membangun dan menjual citra dirinya sebagai seorang ahli di bidang ini dan itu dan seterusnya. 

Tentu saja semua berhak mengklaim dan membangun citra terhadap dirinya dan bagaimana dia ingin dikenal oleh orang banyak. Kalau kemudian orang lain yang membaca,mengetahui,dan mungkin menolak atau mengakui citra yang dibangun, tentu itu adalah persoalan lain.

Sebagai seorang pemimpin (ingat rumus di tulisan saya leadership series sebelumnya kalau setiap kita adalah pemimpin), tentu membangun personal branding yang mumpuni dan berkualitas adalah suatu keniscayaan. Tetapi yang paling penting harus diingat tentu saja adalah satu nya kata, perbuatan dan hati dari si pelaku personal branding itu.

Personal branding adalah sebuah seni sebagaimana juga melukis. Perlu pengetahuan dan aspek mana yang harus di branding agar tidak berlebihan atau tidak kekurangan, sehingga hasil akhirnya tentu saja sesuai dengan harapan si pemilik brand itu. Berikut ini adalah pondasi dari personal branding yang harus dilakukan agar brand diri kita bisa dijual sesuai dengan keinginan kita.

1. Personal Proof

Pondasi awal yang harus dibangun dalam seni personal branding adalah yang berkaitan dengan personal proof atau bukti pribadi. Jika kita seorang ahli kecantikan (misalnya), maka apa buktinya kita ahli kecantikan itu? apakah kita sudah berlisensi? Apakah pendidikan kita memang di bidang kecantikan itu?

kalau brand yang kita bangun adalah seorang ahli kecantikan, dan kuliah kita adalah di bidang IT, maka wajar kalau kita sepi peminat, meskipun kita sudah berusaha keras saat ini untuk menguasai bidang kecantikan. Pendidikan adalah salah satu aspek penting untuk menguatkan personal proof kita.

Masyarakat tentu akan mempertanyakan (minimal dalam hatinya) apakah benar si anu itu adalah ahli kecantikan..? Hal ini wajar terjadi karena pembuktian kita secara personal tidak cukup untuk meyakinkan pemirsa sekalian kalau kita adalah ahli di bidang itu. Sebaiknya putar arah dan kembali ke jalan yang seharusnya atau kita akan butuh waktu yang sangat lama untuk bisa meyakinkan orang tentang branding baru yang kita bangun dan ini pun belum tentu berhasil.

2. Social Proof

Pembuktian sosial atau social proof adalah tentang bagaimana orang lain menjamin kualitas dan kapasitas Anda di bidang yang Anda brandingkan itu. 

Contoh ahli kecantikan tadi, Bisa jadi follower kita di sosial media yang menyuarakan kualitas kita sebagai ahli kecantikan yang bagus dan direkomendasikan, atau referensi orang lain terhadap kualitas kita karena sudah pernah kita bantu dan ternyata terbukti lebih cantik, atau bukti pekerjaan yang sedang Anda lakukan bisa Anda publikasikan di sosial media Anda sebagai bukti kalau Anda memang seorang ahli kecantikan dan begitu seterusnya.

Bukti sosial ini terkadang bisa lebih dominan dibanding sekadar bukti pribadi, karena dia sudah melibatkan orang lain dalam kesuksesan membangun brandingnya. Semakin kuat jika bukti sosial ditunjang dengan bukti pribadi yang mumpuni, artinya Anda sudah berhasil membangun branding yang bagus terhadap diri Anda.

3. Association 

Seni selanjutnya adalah Pergaulan atau association. Anda harus lebih strategis dalam bergaul dan berkumpul atau membangun jaringan bersama teman, klien, karyawan Anda atau grup profesional Anda. Jangan pernah ragu dan malu untuk selalu "mempromosikan" brand Anda dalam setiap kesempatan yang terjadi.

 "Anda adalah Brand Anda dan Brand Anda adalah Anda." (TauRa)

Kartu nama mutlak harus selalu ada di saku celana Anda, saya (alhamdulliah) selalu tidak melupakan hal ini disetiap perkumpulan yang diikuti, apalagi jika yang ditemui mayoritas adalah orang-orang baru. Kita tidak pernah tahu kapan kerjasama bisnis bisa terjadi, untuk itu selalu bersiaplah.

4. Recognition

Komunikasikan pencapaian dan pengakuan yang sudah Anda capai terhadap karya Anda, lakukan dengan soft selling, sehingga orang tetap senang dengan brand yang Anda bangun. Sosialisasikan melalui sosial media, pertemuan-pertemuan Anda dan disetiap kesempatan lainnya. Penghargaan atau pengakuan yang Anda dapat tidak harus besar, selama itu berkaitan dengan personal brand Anda, maka itu layak untuk dipublikasikan kepada khalayak ramai. 

Ingat, niatkan bukan untuk pamer atau riya, tetapi niatkan agar Anda bisa berbagi lebih banyak menfaat ke banyak orang. Niat terkadang bisa membedakan kualitas pekerjaan dan hasil akhir setiap usaha.

Di dalam buku "PLATFORM" yang ditulis oleh Cynthia Johnson, seorang pakar sosial media, dia mengatakan kalau salah satu cara paling mudah untuk membangun personal branding secara luas adalah dengan mengetahui bagaimana perilaku Anda terhadap sosial media dan sebaliknya. Persepsi yang dibangun oleh sosial media terhadap Anda tidak lain adalah hasil dari prilaku Anda bersosial media.

Jika setiap hari adalah hari terbaik yang bisa kita lakukan, maka mulai lah bijak dalam berinteraksi sosial dimanapun kita berada (sosial media atau selain itu), dan mulailah bangun personal branding kita sesuai dengan yang kita inginkan, niatkan dengan tulus dan ikhlas, biar kan khalayak menilai dan Tuhan lah pada akhirnya yang berhak menentukan, apakah kita seperti yang kita brandingkan atau tidak.

Semoga Bermanfaat dan selamat menjadi pribadi yang baru

Be The New You

TauRa

Rabbani Motivator, Pembicara Publik dan Penulis Buku Motivasi "The New You

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun