Mohon tunggu...
Rizal Mutaqin
Rizal Mutaqin Mohon Tunggu... Tentara - Semua Orang Akan Mati Kecuali Karyanya

Tulislah Sesuatu Yang Akan Membahagiakan Dirimu Di Akhirat Kelak

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Seni Menyusun Bingkisan Lebaran

2 April 2024   08:31 Diperbarui: 2 April 2024   08:33 561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: English First

Lebaran adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ajang untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara, Lebaran juga menjadi waktu di mana banyak orang memberikan bingkisan atau hadiah kepada orang-orang terdekat. Menyiapkan bingkisan Lebaran bukan hanya sekadar memberi barang, namun juga menjadi simbol kasih sayang, penghargaan, dan tanda terima kasih kepada orang-orang yang telah berarti dalam hidup kita.

Saat akan menyiapkan bingkisan Lebaran, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pemilihan tema. Tema ini akan menjadi dasar dalam menentukan jenis barang atau produk apa yang akan Anda sertakan dalam bingkisan. Misalnya, Anda bisa memilih tema tradisional dengan menyertakan makanan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, atau kue-kue kering.

Kemasan bingkisan memegang peranan penting dalam menambah nilai estetika dan kesan pertama penerima. Gunakan bahan kemasan yang berkualitas dan menarik, seperti kertas kado motif Lebaran, pita berkilau, atau boks kemasan dengan desain yang unik. Kemasan yang indah akan membuat bingkisan Anda terlihat lebih istimewa dan dihargai oleh penerima.

Sebaiknya pilih barang atau produk yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan penerima. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memikirkan dengan serius tentang kebutuhan dan kesukaan mereka. Misalnya, Anda bisa menyertakan paket bingkisan berupa bahan makanan, kosmetik, atau perlengkapan rumah tangga.

Tentukan budget yang Anda siapkan untuk bingkisan Lebaran. Dengan menyesuaikan budget, Anda dapat lebih mudah dalam memilih jenis barang atau produk yang akan Anda sertakan dalam bingkisan. Anda tidak perlu membeli barang yang mahal untuk menunjukkan apresiasi, yang terpenting adalah kesungguhan dan perhatian Anda dalam menyiapkan bingkisan tersebut.

Tambahkan sentuhan personal pada bingkisan Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan kartu ucapan Lebaran dengan pesan khusus untuk penerima. Pesan yang ditulis dengan tangan akan menambah nilai emosional dan membuat penerima merasa lebih spesial.

Jika Anda memutuskan untuk menyertakan barang-barang dalam bingkisan, pastikan Anda membeli dari supplier atau toko yang terpercaya dan memiliki kualitas barang yang baik. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi tentang reputasi dan kualitas produk dari supplier tersebut.

Kemas bingkisan dengan rapi dan hati-hati. Pastikan semua barang ditempatkan dengan aman dan tertata dengan baik di dalam bingkisan. Packing yang rapi akan membuat bingkisan terlihat lebih profesional dan menunjukkan keseriusan Anda dalam menyiapkan hadiah.

Jika Anda tidak dapat memberikan bingkisan secara langsung, pastikan untuk melakukan pengiriman dengan aman. Gunakan jasa pengiriman yang terpercaya dan pastikan bingkisan Anda tiba dalam kondisi baik di tangan penerima.

Saat memberikan bingkisan, selalu lakukan dengan niat yang tulus dan tanpa mengharapkan balasan apapun. Ingatlah bahwa memberi adalah suatu bentuk ibadah dan cara untuk menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun