Mohon tunggu...
Taufiq Sentana
Taufiq Sentana Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan dan sosial budaya

Praktisi pendidikan Islam. peneliti independen studi sosial-budaya dan kreativitas.menetap di Aceh Barat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Media Darling dan Psikologi Pop

15 Juni 2022   01:38 Diperbarui: 15 Juni 2022   01:50 80 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. Adaptasi. Pak Irwan. Kompasiana

Media Darling dan Psikologi Pop

===
Topik ini merujuk pada kajian budaya massa dan (psikologi) budaya pop yang berkembang sejak pertelevisian swasta menjamur di Indonesia.

Utama sejak era Bioskop tahun 80an, yang mengiris persepektif massa dalam menerjemahkan lingkungan sosialnya, maka catatan kecil itu pun muncul atas perspektif itu.

Bahwa,  seperti dalam catatan pak Irwan pada lawan sebelumnya,  betapa mewahnya pemberitaan dan ekslusivisme media dalam kasus musibah yang menimpa pejabat kita.

Tentu kita tetap berduka dan haru atas musibah tersebut. Dan Allah SWT telah menunjukkan RahmatNya. 

Adapun segala penerimaan yang baik atas musibah ini,  telah menjadi Rezeki Tubuh bagi Alm dan keluarga,  sehingga memperkuat moril keluarga pula.

Namun sosok Pak Ridwan Kamil sebagai media darling menjadi sudut pandang sendiri. bahwa begitulah arus media membentuk citra,  langsung ataupun tidak.

 Citra dalam makna berdampak pada putusan alam bawah sadar massa (masyarakat)  untuk hanyut" dalam peristiwa ini. sehingga kita melupakan,  kenaikan harga listrik,luka saudara kita lainnya,   cabai merah, dan nasib sepak bola kita.

Dalam lamannya,  Pak Irwan berharap agar maraknya pemberitaan perihal Eril Alm, tidak sampai mengganggu privasi Kang Emil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan