Mohon tunggu...
Taufik Hidayatullah
Taufik Hidayatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas Prof DR Hamka (uhamka)

saya paling hobi membaca buku dan berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKNMAs Mahasiswa FEB UHAMKA: Optimalisasi UMKM Kopi dan Ekonomi Digital Guna Peningkatan Ekonomi di Daerah Sulawesi Selatan

7 November 2022   15:59 Diperbarui: 7 November 2022   16:13 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKNMas Mahasiswa FEB UHAMKA: Optimalisasi UMKM Kopi dan Ekonomi Digital Guna Peningkatan Ekonomi Di Daerah Sulawesi Selatan

Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-Aisyiyah (Kknmas) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia secara Bersama-sama. Pada tahun ini, tema yang diusung dari KKNMas yaitu "Penguatan Agroteknopreneur Berbasis Digital untuk mendukung Industri dan Pariwisata".

Kafilah KKNMas dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR Hamka (FEB UHAMKA) turun serta melaksanakan KKNMas untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Sulawesi Selatan lewat berbagai program yang menyasar optimalisasi UMKM kopi dan ekonomi digital guna peningkatan ekonomi di daerah Sulawesi Selatan akibat dampak dari pandemi covid-19.

Penyelenggaraan KKNMAs 2022 berlangsung selama 40 hari dari 31 Juli sampai 13 September yang berlokasi di Sulawesi Selatan khususnya kabupaten Maros, takalar dan gowa. Fakultas ekonomi dan bisnis universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka mengirim 3 mahasiswa dari berbagai program studi, yakni Rachmina (D3 Akuntansi), Taufik Hidayat (S1 Manajemen) dan Imaduddin Al Fanani (S1 Ekonomi Islam).

"Dengan dilaksanakannya kegiatan KKNMas, diharapkan ketiga mahasiswa yang terlibat aktif dapat bekerja sama dalam menjalankan program optimalisasi UMKM kopi dan ekonomi digital guna peningkatan ekonomi di daerah Sulawesi Selatan akibat dampak dari pandemi covid-19 2022," tutur Edi Setiawan selaku wakil Dekan III Feb Uhamka.

Beberapa program dari kafilah KKNMas FEB Uhamka di antaranya adalah digitalisasi UMKM, pengembangan pemasaran produk UMKM, pengembangan olahan hasil pertanian, dan pembangunan Kembali objek wisata yang mengalami tutup sementara dampak akibat COVID-19.

Pada program UMKM, kalifah KKNMas FEB Uhamka  melakukan sosialisasi pemasaran (berikut dengan risiko serta penggunaan dari masing-masing market place digital), pendampingan, dan pelatihan cara pembuatan logo produk untuk UMKM.

Produk yang dihasilkan dalam program UMKM ini di antaranya adalah kopi,tas tenun, bakso dari ikan nila.

"sosialisasi digitalisasi pemasaran, pendampingan, dan pelatihan menjadi sebuah satu kesatuan yang utuh dan pentingnya untuk dilaksanakan dalam kegiatan KKNMas mahasiswa FEB Uhamka sebagai bentuk merealisasikan program yang telah di tetapkan. Akhirnya, kopi,tas tenun, bakso dari ikan nila, pun jadi Iuaran dalam kegiatan", tutur Arif Widodo selaku kaprodi Manajemen.

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun