Mohon tunggu...
Taufik Romadhon
Taufik Romadhon Mohon Tunggu... Read, Write, Share!

Seorang penulis artikel informatif, yang juga sedang belajar bahasa pemrograman Java, JS, beserta Frameworknya.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

5 Alasan Memiliki Genset Sendiri

25 Agustus 2019   23:53 Diperbarui: 26 Agustus 2019   00:09 197 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Alasan Memiliki Genset Sendiri
Source: https://www.hartechsby.co.id/

Siapa yang tidak tahu genset? Genset, yang merupakan singkatan dari generator set, kini sering digunakan oleh masyarakat. Baik untuk kebutuhan perorangan maupun perusahaan yang lingkupnya lebih besar. Kenapa ya genset sangat diminati? Yuk, kita bahas satu persatu alasannya!

1.Sparepart Genset Mudah Dicari

Source: https://www.hartechsby.co.id/ 
Source: https://www.hartechsby.co.id/ 

Mesin genset mudah ditemukan dimana pun, seperti di toko-toko yang menjual mesin perkakas khusus. Bahkan di toko besar yang menjual peralatan properti rumah tangga pun juga tersedia dalam jumlah yang tidak sedikit. Sparepart genset sangat mudah ditemukan semenjak penggunanya kian lama kian bertambah, dengan demikian permintaan pun terus melonjak setiap tahunnya. Selain mudah dicari, genset cenderung memiliki harga yang murah. Dengan minimal satu juta rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan satu mesin genset dengan daya yang cukup. Kisaran harganya tentu berbeda-beda, tergantung merk dan daya dari genset tersebut. Semakin besar dayanya, maka semakin mahal harganya.

2.Perawatan Genset Cenderung Mudah

Source: https://www.flickr.com/photos/austin7nut/5940121217/
Source: https://www.flickr.com/photos/austin7nut/5940121217/

Layaknya sepeda motor, genset juga memerlukan perawatan khusus. Namun, tenang saja, perawatannya tidak sulit kok. Kamu hanya perlu membersihkan perangkat genset dari debu dan minyak yang menempel. Jangan sampai kamu memelihara debu hingga bersarang di sekitar genset.

Selain itu, kamu harus lakukan pengecekan secara berkala. Jika ada komponen yang tidak berfungsi atau mengeluarkan bunyi yang tidak wajar. Segera ganti dengan komponen yang baru agar kembali berfungsi seperti sedia kala. Mudah kan? Jika dipikir-pikir, sama seperti ketika kamu memelihara perangkat komputer.

3.Adanya Back Up Energi untuk Keadaan Darurat

Source: https://www.hartech.co.id/
Source: https://www.hartech.co.id/
Salah satu alasan utama orang-orang memilih untuk memiliki genset sendiri yaitu genset akan mem-backup energi untuk situasi darurat. Ketika ada pemadaman listrik secara serentak, hanya rumahmu atau bangunanmu yang tidak mengalami mati listrik. Rasanya sudah seperti Sultan yang memiliki sumber listrik pribadi, iya kan? Inilah satu haly yang dianggap paling menguntungkan. Berapa lama pun listrik PLN padam, itu tidak akan memengaruhi kinerja listrik di rumahmu berkat adanya genset.

4.Mengurangi Angka Kerugian Pada Perusahaan

Source: https://www.hartechsby.co.id/ 
Source: https://www.hartechsby.co.id/ 
Masih ada hubungannya dengan poin ketiga di atas, ketika ada pemadaman listrik dari pusat (PLN) maka bangunan yang memakai genset tidak akan terpengaruh dampaknya. Seperti yang kita ketahui bahwa bangunan/gedung perusahaan yang tidak memakai genset justru akan mengalami kerugian yang besar. Kenapa? Karena hal itu membuat kinerja karyawan terhambat sehingga berdampak buruk pada perkembangan perusahaan. Apalagi jika pemadaman listrik terjadi dalam waktu berjam-jam lamanya. Begitulah untungnya memakai genset bagi kamu yang memiliki perusahaan atau bisnis.

5.Menjadi Ladang Bisnis
Source: https://www.flickr.com/photos/146802500@N03/29823103042/
Source: https://www.flickr.com/photos/146802500@N03/29823103042/

Dari keuntungan-keuntungan yang sudah dijelaskan sampai poin keempat, kamu bisa memanfaatkan perangkat genset sebagai ladang bisnismu yang baru. Kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari menjual atau menyewakan genset kepada orang-orang di luar sana.

Berdasarkan data, pengguna genset kian meningkat. Orang-orang merasa bahwa mereka membutuhkan genset untuk kehidupan mereka sehari-hari. Mulai dari harga yang murah, daya yang lebih hemat, hingga kemampuan back up energi yang dapat dimanfaatkan saat keadaan darurat (listrik padam). Sebab hampir tidak ada manusia yang tidak membutuhkan listrik di dalam kehidupan modern ini. Setuju?

Demikian alasan-alasan yang dapat menjadi tolok ukur keputusanmu untuk memiliki genset sendiri di rumah. Baik pribadi maupun bisnis, genset tetap dibutuhkan, bahkan sangat dibutuhkan. Selain untuk memudahkan pekerjaan, genset juga dapat meminimalisir kerugian dari bisnis yang dijalankan (bagi kamu yang memiliki usaha).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN