Mohon tunggu...
Tarjum Sahmad
Tarjum Sahmad Mohon Tunggu... Administrasi - Sambil bekerja, menekuni dunia marketing dan jalani hoby menulis.

Suka sekali menulis di blog dan media online. Blog pribadi: Curhatkita.com Blog Kesehatan: Sentradetox.com. Akun Facebook: Tarjum Sahmad. WA: 0896-3661-3462 - Call/SMS: 0823-2066-8173. Menulis buku psikologi, bisnis & novel.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Cara Saya Memulihkan Diri dari Bipolar

26 Februari 2018   08:57 Diperbarui: 26 Februari 2018   09:59 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : dokterdigital.com

Saya pernah mengalami gangguan bipolar selama 11 tahun. Alhamdulillah, saya sudah pulih dari bipolar sejak 20 tahun yang lalu dan tidak pernah relaps lagi sampai saat ini. Dan saya pulih dari Bipolar tanpa mengkonsumsi obat-obat psikiatri.

Proses pemulihan bipolar saya yang unik dan berbeda dari kebanyakan penyandang bipolar, banyak mengundang Keheranan dan pertanyaan teman-teman bipolar, praktisi dan keluarga bipolar, bahkan penah menjadi kontroversi dan perdebatan di beberapa komunitas online gangguan bipolar.

Bukan hanya teman-teman dan praktisi bipolar yang bertanya-tanya tentang bagaimana dan mengapa saya bisa pulih dari bipolar tanpa pernah mengkonsumsi obat-obat psikiatri.

Saya sendiri pun bertanya-tanya dan terus mencari jawaban yang akurat atau paling tidak mendekati akurat tentang proses pemulihan saya dari dipolar yang bisa dipertanggung jawabkan secara keilmuan.

Pertanyaannya, untuk apa saya repot-repot mencari jawaban itu? Bukankah saya sudah pulih dari bipolar dan tak penah relaps lagi sejak 20 tahun yang lalu?

Apakah karena banyak teman-teman bipolar yang mempertanyakan dan gak percaya bahwa saya pernah bipolar dan bisa pulih dengan cara saya?

Bukan! Bukan itu yang ingin saya buktikan!

Saya mencari jawaban yang terpenting adalah untuk meyakinkan diri sendiri. Setelah saya menemukan jawaban yang meyakinkan, saya bisa memberikan penjelasan yang meyakinkan dan membantu teman-teman bipolar yang lain juga pulih.

Dari pencarian selama 20 tahun lebih itu saya mulai menguak dan menemukan satu-persatu jawabannya. Saya mulai menemukan benang merah atau mata rantai yang hilang dari proses pemulihan bipolar saya.

Selama proses pencarian itu saya sudah menulis puluhan artikel yang saya posting di blog pribadi (http://curhatkita.blogspot.co.id), menulis 1 buku psikomemoar bipolar ("Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"), menulis 2 ebook bipolar ("Berdamai dengan Bipolar" dan "7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar").

Di artikel berikutnyanya, saya akan berbagi pengalaman dan penemuan dari hasil pencarian itu dengan Kompasianer dan pembaca setia kompasiana. Saya berharap, bisa membantu teman-teman bipolar pulih dari bipolar dengan mood yang stabil dan menjalani kehidupan yang bahagia.

Salam sehat bahagia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun