Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology || Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Prestasi Aries Susanti dan Bangkitnya Optimisme Anak Bangsa

21 Oktober 2019   13:30 Diperbarui: 21 Oktober 2019   13:44 0 2 1 Mohon Tunggu...
Prestasi Aries Susanti dan Bangkitnya Optimisme Anak Bangsa
Aries Susanti Rahayu, Perempuan Pertama Pencetak Rekor Dunia Panjat Tebing dibawah 7 detik (Sumber; beritasatu.com)

Indonesia hari ini kembali menjadi sorotan dunia, bagaimana tidak, anak bangsa telah berhasil mencetak rekor panjat tebing tercepat dalam sejarah di International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2019. 

Aries Susanti, itulah namanya, seorang gadis berusia 24 tahun yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Panjat Tebing. Aries menang dari lawannya,Yi Ling Song dari China  dan mencapai finish kurang dari tujuh detik, sedangkan Yi Ling Song berhasil mencapai finish dalam 9 detik. 

Selain menjadi pemenang, gadis yang akrab disapa Ayu itu juga mencetak rekor dunia sebagai perempuan  pertama dalam sejarah yang mampu mencapai finish dibawah tujuh detik. Rekor sebelumnya dipegang oleh lawannya, Yi Ling Song dari China dengan catatan waktu 7,1 detik. 

Video Ayu saat memenangkan pertandingan sudah viral di kalangan pengguna media sosial, banyak orang yang terkagum melihat aksi Ayu memanjat tebing dengan anggun dan meninggalkan lawan yang sempat kesulitan di awal pertandingan.

Ayu sebelumnya juga sering mengikuti berbagai ajang perlombaan panjat tebing sejak dirinya remaja, namun prestasi kali ini adalah prestasi tertinggi yang pernah ia dapatkan sepanjang karir profesionalnya. Saat ini iatercatat sebagai Mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Semarang.

Indonesia boleh berbangga dengan prestasi Ayu ini. yang telah membuktikan bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi dan semangat yang tidak bisa diremehkan oleh masyarakat Internasional. 

Tak dipungkiri sudah banyak anak bangsa kita yang membuat dunia terkagum-kagum, bagaiamana tidak, sebuah negara berkembang yang tak terlalu diperhatikan dan masih memiliki banyak hutang serta memiliki polemik dalam negeri yang tak kunjung usai ini masih mampu mengalahkan para atlit maupun kontestan dari negara-negara maju dan kaya dalam berbagai ajang bergengsi di dunia.

Ini membuktikan bahwa Indonesia masih memiliki harapan untuk menjadi bangsa yang besar dan berpengaruh bagi dunia di masa depan. Prestasi Ayu ini berpotensi membangkitkan optimisme di kalangan anak muda Indonesia yang sebelumnya sempat pesimis dengan kemajuan bangsa karena berbagai permasalahan yang selalu ada didalam negeri.

Apalagi berita baik ini sudah tersebar dengan cepat dengan bantuan sosial media yang membuat jiwa nasionalisme anak muda kita menyala-nyala, tak sedikit yang repost berita ini ke seluruh lini medsosnya.

Olahraga adalah salah satu sarana terbaik untuk membangkitkan semangat anak muda, maka pemerintah tak bisa meremehkan kekuatan olahraga untuk kemajuan bangsa. Ini bukan soal kalah dan menang, akan tetapi ini adalah persoalan optimisme rakyat terhadap negaranya.

Buktinya, Saat Indonesia banjir medali saat perhelatan Asian Game lalu mampu membuat bangsa Indonesia percaya diri akan kemajuan bangsanya. Ini terlihat dari antusiasme masyarakat kita memberikan semangat kepada para atlet, dan masih banyak cerita menarik lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x