Mohon tunggu...
Badrut Tamam
Badrut Tamam Mohon Tunggu... Dosen - Nikmati tiap jengkal di mana kakimu berpijak, karena di atasnya ada langit yang harus engkau junjung

Nikmati tiap jengkal di mana kakimu berpijak, karena di atasnya ada langit yang harus engkau junjung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Deretan Karya Dr. Iwan Kuswandi, M.Pd Hiasi Sidang Terbuka Doktor UMM

19 Maret 2022   11:58 Diperbarui: 19 Maret 2022   12:01 401 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Awardee LPDP Sukses Jalani Sidang Terbuka UMM (dok pri)

Malang,-Tidak hanya lihai dalam berorganisasi, Iwan Kuswandi yang juga merupakan Dosen Muda pada STKIP PGRI Sumenep berhasil menunjukan prestasi terbaiknya dengan berhasil menyelesaikan pendidikan doctoral strata-3 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun.

Dalam catatan karir akademiknya di UMM Iwan Kuswandi merupakan salah satu awardee LPDP dan penuh dedikasi dengan segudang prestasi. Selain berhasil menjadi pembicara dalam berbagai forum ilmiah baik nasional maupun internasional seperti pada perhelatan Annual International Conference of Islamic Studies (AICIS), Pria kelahiran Sumenep pada 07 Januari 1987 ini juga berhasil menelurkan banyak sekali karya ilmiah baik berupa jurnal maupun dalam bentuk buku.

Seperti dilakukannya pada hasil penelitian disertasinya di UMM. Karya penelitian disertasi berjudul Kontinuitas Perubahan Pengalaman Tarekat Tijaniyah di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan ini berhasil bertransformasi menjadi tiga buku.

Buku pertama berjudul "Aktualisasi Tasawuf- Tarbawi Ulama Pesantren", yang di dalamnya memuat kata pengantar oleh Kiai Fery Rahmawan Asma, Lc, MA, Alumni TMI Al-Amien Prenduan tahun 2004, yang merupakan Muqaddam Tarekat Tijaniyah Jakarta.

Buku kedua berjudul, "Tiga Muqaddam Tijaniyah" tulisan kata pengantarnya oleh Kiai Dr. Zulfan Syahansyah, AlumniTMI Al-Amien Prenduan Tahun 1998, dan Muqaddam Tarekat Tijaniyah Malang.

Buku ketiga berjudul, "Konstruksi Pesantren Tranformatif " kata pengantarnya oleh Kiai Ahmad Sjinqithy Djamaluddin, Alumni MUD Al-Amien Tahun 1965, dan Muqaddam Tarekat Tijaniyah Bondowoso.

Dok. UMM
Dok. UMM

Tidak hanya terbit dalam bentuk buku, namun penelitian ini juga telah berhasil terbit dalam artikel jurnal ilmiah Sinta 2, dengan judul, Tahawwul at- Thariqah at-Tijaniyah fi al-Maahid al-Haditsah inda ra'yi Peter L Berger, Jurnal El Harakah, Vol. 23. No 2 (2021). Di kancah jurnal internasional, artikel dengan judul, The Motives of The Implementation of Tarekat Tijaniyah in Islamic Boarding School from Alfred Schutz's Perspective, sampai berita ini dipublish, artikel jurnal tersebut sudah memasuki proses review kedua, di Jurnal Hadhari Universitas Kebangsaan Malasyia.

"Alhamdulillah dari hasil penelitian disertasi ini lahir tiga buku dan beberapa jurnal ilmiah bereputasi," tuturnya saat ditemui secara virtual oleh media ini selepas menjalani ujian terbuka.

Berikut deretan karya Iwan Kuswandi yang berhasil media ini dokumentasikan, Buku Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dalam lintasan sejarah. Terbit tahun 2006, Mengenal KH.Moh Tidjani Djauhari, MA, Penerbit Media Qowiyul Amien Surabaya, 2007, KH. A Djauhari Chotib, Muqaddam Tarekat Tijaniyah Madura, Penerbit Mutiara Press Sumenep, 2009, Ulama Negosiator Pesantren, Penerbit PondokMas Yogyakarta, 2011, Sang Konseptor Pesantren. Lembaga Ladang Kata Yogyakarta, 2015, Bersama Membangun Pesantren. Lembaga Ladang Kata Yogyakarta, 2016, Karakter Ulama Pesantren. Lembaga Ladang Kata Yogyakarta, 2016, Kera pun bisa Mengaji. Lembaga Ladang Kata Yogyakarta, 2016, Kilas Balik Sejarah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan 1890-2016, Lembaga Ladang Kata Yogyakarta, 2016, Teori Praktis Menyusun Proposal Penelitian, Lintas Nalar, Yogyakarta, 2017, Pertunangan dini dalam budaya Madura, Lembaga Ladang Kata Yogyakarta, 2018, Nilai Edukatif Permainan Tradisional Madura Penerbit CV Lintas Nalar Yogyakarta, Tahun 2018, Mahalnya Sebuah Identitas: Guru yang Termajinalkan Penerbit Ladang Kata Yogyakarta, tahun 2017, Antologi Pendidikan Agama Islam Penerbit CV Safeerana, tahun 2021, Metodologi Penelitian Panduan Praktis Penelitian Penerbit Global Aksara Pres tahun 2021, Kiai Idris dalam Kenangan Para Santri Penerbit Pustaka Ababil, tahun 2020, Jejak Keteladanan Kiai Moh Tidjani Djauhari Penerbit Ladang Kata Yogyakarta tahun 2020, Aktualisasi Tasawuf-Tarbawi Ulama Pesantreb. Penerbit Mata Kata Yogyakarta, tahun 2021, Tiga Muqaddam Tijaniyah Napak Tilas Regenerasi Kiai di Pondok Pesantren. Penerbit Mata Kata Yogyakarta, tahun 2021, Konstruksi Pesantren Tranformatif Sebuah Ijtihad Kiai Pesantren. Penerbit Mata Kata Yogyakarta, tahun 2021. Buku terbarunya, terbit pada bulan Maret 2022, penulis memprakarsai dan membina serta mengedit karya santri kelas 3 Intensif TMI Putra, yang berjudul, "Dedikasi Guru Alif: Keteladanan dan Nasihat Guru dari Bukit Tusam Aceh sampai Teluk Wondama Papua."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan