Mohon tunggu...
Syifaul Hidayah
Syifaul Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Matematika UPI

KKN-T UPI 2021 MDBPE-MBKM NIM: 1800364 Prodi: Matematika DPL: Drs. Wawan Purnama, M.Si. Kelompok KKN: 46

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Daring di SDN Perwira III Bekasi di Masa Pandemi Covid-19

25 Juli 2021   22:40 Diperbarui: 26 Juli 2021   00:47 42 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Daring di SDN Perwira III Bekasi di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Covid-19 gelombang kedua sudah melanda Indonesia sejak bulan Juni 2021 akibat peningkatan angka kematian korban Covid-19. Penyebab dari peningkatan korban Covid-19 ini adalah akibat dari libur hari raya, varian baru Covid-19 yang muncul di kalangan masyarakat, dan juga kurang ketatnya protokol kesehatan yang diterapkan oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini memicu pergerakan cepat yang harus diambil pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19. Dengan peningkatan angka kematian yang terjadi setiap harinya, pemerintah akhirnya memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di mulai dari tanggal 3-20 Juli 2021 dan diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. 

Pemberlakuan PPKM Darurat ini, mengharuskan berbagai sektor untuk bekerja dan melakukan aktivitas secara daring. Di sektor pendidikan, Universitas  Pendidikan Indonesia melakukan kegiatan KKN Semester Genap 2021 dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat secara daring. Tema dari kegiatan KKN UPI di semester genap ini adalah Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi sebagai implikasi MBKM di Masa Pandemi Covid-19. 

Saya selaku mahasiswa prodi Matematika UPI 2018 yang akan ikut serta dalam kegiatan KKN ini pun tertarik dalam penguatan media pembelajaran daring yang akan dilaksanakan. Dalam hal ini saya bekerja sama dengan SDN Perwira III, Kota Bekasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. 

Kegiatan yang saya lakukan adalah membantu guru-guru khususnya guru kelas 1 dalam pembelajaran daring, saya juga membantu panitia Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2021/2022 yang diselenggarakan secara daring. Penggunaan media seperti Zoom , Google Meet juga diperkenalkan cara penggunaannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring yang akan dilaksanakan. 

Walaupun pandemi belum berakhir, bukan berarti pendidikan pun terhenti. Ini merupakan langkah untuk meningkatkan kreativitas dan juga pengembangan teknologi di bidang pendidikan di Indonesia, tanah air tercinta. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN