Mohon tunggu...
syifa amelia
syifa amelia Mohon Tunggu... mahasiswa

Seorang mahasiswi ilmu komunikasi FISIP universitas Muhammadiyah Jakarta angkatan 2023, lahir di Jakarta dengan hobi menonton film dan membaca buku.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Reservasi Dulu Baru makan: Perilaku Konsumen di Marugame Udon Saat Ramadhan

10 April 2025   07:15 Diperbarui: 10 April 2025   07:15 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi 

Nama: Syifa Amelia

NPM: 23010400156

Prodi: Ilmu Komunikasi FISIP 2023

Universitas muhammadiyah Jakarta

Bulan ramadhan merupakan momen yang sangtat khas bagi masyarakat indonesia. bukan hanya bulan yang penuh berkah, tetapi bulan ramadhan juga banyak momen penting yang mempengaruhi kehidupan, salah satunya perilaku konsumen di dunia bisnis kuliner. Yang menarik perhatian adalah perubahan perilaku konsumen di restoran cepat saji, seperti marugame udon. di bulan ramadhan ini banyak restoran yang harus reservasi terlebih dahulu sebelum makan karena membludaknya konsumen yang ingin berbuka puasa di restoran bersama orang-orang tersayang seperti kerabat, keluarga, dan acara-acara kantor.

Sumber Gambara: Google
Sumber Gambara: Google

Tren Sosial Media: "Gak Velocity Gak Bukber"

Fenomena buka puasa bersama tahun ini semakin menarik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan vibesnya pun lebih terasa. Dari mulai masyarakat yang sekarang lebih wise dengan "Sholat Tarawih di Masjid" dan "Berlomba-lomba Mengejar Malam Lailatul Qadr" yang juga viral di sosial media.  Apalagi akhir-akhir ini sedang ramai di sosial media Tiktok jika "Gak Velocity Gak Bukber" dimana saat bulan ramadhan tahun ini buka puasa bersama di restoran atau tempat makan populer menjadi trend apalagi dibarengi dengan membuat video tiktok dengan trend magic "Velocity" memakai sound tiktok yang sedang viral. Tentunya aktivitas ini tidak hanya menjadi ajang untuk bersilaturahmi, tapi juga untuk aktualisasi diri dan eksistensi di dunia maya. 

Data Kenaikan Reservasi Selama Bulan Ramadhan  

Dari laporan yang diterbitkan oleh Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), banyak terjadi peningkatan dalam jumlah reservasi restoran se;lama bulan ramadhan di angka 30% dibandingkan bulan-bulan biasanya. tentunya hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah keluarga yang ingin merasakan momen berbuka puasa bersama di luar rumah, namun tetap ingin memastikan kenyamanan dan kepastian tempat duduk. Dari fenomena ini ada beberapa teori yang relevan, yaitu:

1. Teori Segmentasi Pasar

Selama bulan ramadhan , konsumen terbagi dalam beberapa segmen yang berdasarkan pada kebutuhan mereka, salah satunya adalah konsumen yang lebih mengutamakan kenyamanan dan pengalaman berbuka puasa. Banyak konsumen memilih untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar mereka makan dengan nyaman dan tidak perlu antri lagi mencari tempat duduk untuk berbuka puasa dengan keluarga dan kerabat. Marugame Udon yang telah menyadari hal ini, merespons dengan meningkatkan layanan reservasi melalui platform online mereka untuk memudahkan konsumen dalam memilih waktu bebruka yang lebih tepat

2. Teori Pengaruh Budaya

Tradisi berbuka puasa bersama menjadi faktor penting dalam perubahan perilaku konsumen selama bulan ramadhan. masyarakat cenderung memilih tempat makan yang tidak hanya menyajikan makanan enak, tetapi juga memberikan suasan yang nyaman dan hidangan yang menggugah. ketika belum melaksanakan setidaknya buka puasa bersama teman ataupun keluarga rasanya seperti tidak afdhol bagi masyarakat indonesia di bulan ramadhan.

3. Pengaruh Teknologi

Dengan adanya aplikasi pemesanan online yang semakin mudah digunakan untuk konsumen mengatur waktu berbuka puasa mereka tanpa khawatir dengan kehabisan tempat. Nah, marugame udon tentunya mengoptimalkan apliaksi pemesanan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada konsumennya selama ramadhan.

 Marugame Udon yang dikenal dengan menu udon-nya yang lezat dan beberapa pilihan menu jepang lainnya memanfaatkan momen ini dengan menghadirkan berbagai penawaran menarik seperti menu spesial berbuka puasa, menu paket berbuka yang murah, idskon, dan voucher yang bisa di klik di lokasi tiktok. Dengan hal ini, tidak hanya mempengaruhi pilihan konsumen, tetapi juga meningkatkan loyalitas mereka terhadap brand tersebut.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun