Mohon tunggu...
Syafrianto Putra
Syafrianto Putra Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Masih terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menumbuhkan Nilai Demokrasi pada Peserta Didik Melalui Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 KOBA

4 Desember 2021   16:10 Diperbarui: 4 Desember 2021   16:12 149 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Oleh : Syafrianto Putra, S.Pd

Guru Seni Budaya SMA Negeri 1 Koba

Penerapan kegiatan demokrasi tidak hanya berlaku untuk berpolitik saja melainkan juga berdemokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sekolah merupakan tempat kedua setelah rumah untuk ditanamkan sistem demokrasi di dalamnya. Untuk itu diperlukan berbagai upaya agar dunia pendidikan mampu menaburkan benih-benih demokrasi kedalam diri peserta didik dan melahirkan demokrat-demokrat yang cerdas, serta handal, mengingat peserta didik merupakan calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang.

Hal inilah yang menjadi acuan bagi SMA Negeri 1 Koba untuk menggelar pemilihan ketua osis masa bakti 2021/2022, Rabu, 03 November 2021 dengan model pemilihan umum, yang berasaskan LUBER JURDIL (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil), lengkap dengan kotak suara, kertas suara, dan tinta celup untuk jari pemilih, serta petugas Pemilu dan saksi dalam penghitungan suara, dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Sebelum mencoblos, peserta didik berkumpul untuk mengikuti debat calon ketua dan wakil ketua saling beradu visi dan misi serta program kerja. Pasangan calon (Paslon) kandidat ketua dan wakil ketua OSIS SMA Negeri 1 Koba menghadirkan dua pasang kandidat calon ketua dan wakil ketua. Kedua calon ketua dan wakil ketua OSIS yaitu, nomor satu Pasangan Deiren Rizky Putra A.B dengan Fariska Gilang Saputra, dan nomor dua Pasangan Fajar Prasetio dengan Katherin Meijaya. 

Kemudian peserta didik mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Setelah menyerahkan undangan, para peserta didik mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para peserta didik pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan memberikan hak suara mereka kepada calon yang dinilai memiliki visi dan misi bagus yang disampaikan melalui pidato kampanyenya. hasilnya pasangan Fajar Prasetio dengan Katherin Meijaya sebagai pasangan calon ( Paslon ) ketua osis terpilih.

Kepala SMA Negeri 1 Koba, Yunisfu mengatakan " Harapannya pasangan calon ketua osis terpilih tahun 2021/2022 adalah yang terbaik diantara yang baik, serta dapat mengemban amanah dan utamanya memajukan kegiatan siswa di SMA Negeri 1 Koba ". 

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk melatih peserta didik dalam memberikan hak suaranya dan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi pada diri peserta didik sejak dini hal ini mengingat tingginya angka golput dalam setiap Pilkada yang sesungguhnya, untuk itu harus disikapi dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih kepada para peserta didik, karena para peserta didik ke depannya akan menjadi pemilih yang memiliki hak suara, yang dapat digunakan sebaik baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab dan bijaksana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan