Mohon tunggu...
Syaugi kaff
Syaugi kaff Mohon Tunggu... oi oi

halo guys

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Persaingan Dalam Multimedia

4 Mei 2021   23:22 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:31 20 1 0 Mohon Tunggu...

Persaingan dalam multimedia

Kemajuan teknologi dari zaman ke zaman terus berkembang yang mana dari dulu kita bermain bersama teman kita di lapangan kini berpindah ke handphone, yang mana dulu kita menggunakan televisi untuk mendengarkan berita informasi terjadinya sesuatu di hari ini maka sekarang kita dapat melihat dengan handphone.

Bila kita mengamati, kondisi media cetak tengah menghadapi persaingan ketat akibat dari kemunculan media baru. Sumber informasi kini tidak hanya dari media cetak saja, atau dari media elektronik seperti televisi, radio, tetapi khalayak kini memanfaatkan perkembangan teknologi dengan mencari informasi secara online atau melalui internet.

Media massa saat ini tidak hanya digunakan untuk penyebaran informasi, tetapi menjadi ladang bisnis bagi perusahaan media.Oleh sebab itu, sebuah media harus memiliki keunikan masing-masing agar dapat mendapatkan click sebanyak mungkin agar mendapat keuntungan yang maksimal. Media harus mempertimbangkan desain portal beritanya, kontennya, yang dibuat seaktraktif mungkin dan terpercaya.

Masyarakat sangat mudah beradaptasi dengan tekologi-teknologi baru.  Mengakses informasi dari internet lebih efisien, biayanya lebih murah, cepat, lengkap, baik teks, audio, maupun video.  Fitur-fitur inilah yang membuat khalayak cenderung lebih memilih menggunakan media online. Semua keinginan khalayak dapat terpenuhi dalam satu platform. Jika ingin menonton, membaca, mendengarkan musik, semuanya dapat dilakukan melalui internet. Acara televisi rata-rata dapat diakses secara online baik melalui situs berita media tersebut, atau YouTube. Radio pun dapat didengar melalui internet, bahkan memiliki teks dan video. Portal media cetak juga memiliki audio dan video. Jadi, semua jenis media massa disatukan oleh internet.

Akselerasi atau kecepatan kemajuan teknologi sangat cepat merubah perilaku masyarakat dalam mengonsumsi informasi. Masyarakat dapat searching melalui web atau situs berita terkini maka secara langsung masyarakat dapat mengetahui hal tersebut bahkan masyarakatpun dapat menyebarkan berita ataupun informasi tersendiri melalui nya.

Pola persebaran informasipun berubah dari zaman media konversional ke media sosial. Bahkan kini masyarakat sudah hampir tidak membutuhkan pers konversial di karnakan era digital seperti sekarang ini sudah berbasis teknologi tinggi yang sudah di lengkapi internet dan cyber.

Dengan memasuki nya era digital apakah media massa mengalami krisis? Iya maka dengan memasuk nya era digital, banyak media cetak yang gulung tikar seperti koran, majalah, tabloit. Bahkan media radio dan televisi juga megalami nasib yang sama namun meski belum berhenti di situ saja media radio dan televisi melakukan efisien di segala bidang.

Media sosial yang kini masyarakat gunakan yaitu bersifat dua arah masyarakat dapat memilih informasi dan hiburan yang di butuhkan, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen tapi dapat juga sebagai produsen. Media sosial semakin murah, kouta dari berbagai provide semakin bersaing perangkat teknologi juga semakin murah.

Manfaat dalam menggunakan media sosial berbagai macam kita dapat mencari informasi lebih dalam dan kita dapat menyebarkan secara publik, kita dapat berbagi ide dan tukar pikiran, kita dapat bekerja sama dan berkolaborasi bersama teman untuk menciptakan kreasi yang positiv, berkenalan dengan orang lain bahkan mencari pasangan, dapat membangun komunitas, berdiskusi dan berdebat.

Informasi sangat cepat beredar di media sosial. Bahkan perusahaan media tidak lagi menjadi penguasa dalam penyebaran informasi. Media mainstreampun sekarang menjadi media konfirmasi terhadap informasi yang di produksi oleh masyarakat melalui media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN