Mohon tunggu...
Sutri Atono
Sutri Atono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif ung

Saya seorang mahasiswa yabg cukup aktif dalam bidang organisasi,ada beberapa organisasi yang sampai saat ini saya jalani yaitu organisasi daerah,organisasi ekstra dan organisasi islam.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tahapan Perkembangan Anak Masa Prasekolah

1 Desember 2022   09:21 Diperbarui: 1 Desember 2022   09:43 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH

Nama: Sutri atono 131422090

Dosen pengampuh:Prof.Dr.Novianty Djafari S.Pd.l,M.Pd.l

Abstratk

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa anak masa prasekolah adalah anak yang berada  pada usia 0-6 tahun.anak pad usia 0-6 tahun akan mengalami perkembangan untuk pertumbuhannya.Pada masa anak prasekolah maka anak akan mengalami  perkembangan meliputi:perkembangan jasmani,perkembangan kognitif,perkembangan bahasa dan perkembangan emosi dan sosial.ke 4 perkembangan ini akan berkembang pada masa 0-6 tahun dengan berjalannya waktu.

Pendahuluan

Anak masa prasekolah adalah anak yang mana berusia 0-6 tahun.Ada juga yang

mengatakan anak masa prasekolah itu berusia dari 3-6 tahun,pada masa mereka

menginjak usia prasekolah,mereka senang akan berimajinasi dan mereka percaya

bahwa mereka memiliki kekuatan.Melihat perkembangan mereka sangatlah

penting,maka dari itu pentingnya mengetahui perkembangan mereka.

Larar belakang

Tentu penting mempelajari dan meneliti perkembangan seorang anak,karna hal ni sangat

berpengaruh kedepannya.Dengan mengetahui tahapan perkembangan anak masa

prasekolah maka akan memudahkan kita untukmengembangkannya.Metode

Agar keobjektivitas tetap terjaga maka metode penelitian yang digunakan adalah bedah

buku.Dengan memanfaatkan sejumblah literatur yang terpercaya.

HASIL PEMBAHASAN

Pengertian Anak Prasekolah

Kita ketahui bersama ketahui bahwa dua pakar psikologi pendidikan yakni Biechler dan

Snowman pada tahun 1993 mengatakan yang di maksud dengan anak prasekolah

adalah mereka yang berusia antara 3-6 tahun. Anak prasekolah biasanya mengikuti

program prasekolah dan kinderganten.Anak yang berusia 3 bulan - 5 tahun.Sedangkan

Indonesia sendiri,umumnya anak prasekolah mengikuti kegiatan proram tempat

penitipan anak pada usia 3 bulan -- 5 tahun dan juga kelompokbermain pada usia 3

tahun,lalu pada usia 4-6 tahun anak ptasekolah biasanya mengikuti program Taman

kanak- kanak.

Teori Piaget yang membicarakan perkembangan kognitif,perkembangan dan tahapan sensorimotor 0-2 tahun,lalu usia 2-7 tahun mengalami perkembangan tahap praoperasional,operasional konkret pada usia 7-12 tahun,dan operasional formal di usia

12-15 tahun.Jadi perkembangan anak pada masa prasekolah berada pada tahan

praoperasional.

Ciri-Ciri Tahapan Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Prasekolah
Ada beberapa tahapan perkembangan perkembangannya diantaranya:

Pekembagan jasmani

Disaat anak telah masuk pada tahapan prasekolah dimana berusia 3-6 tahun akan ada

ciri-ciri yang jelas bereda dengan anak usia praseklah dan anak usia bayi.Terletaknya

perperbedaannya itu dalam penampilan,berat badan,tingi badan,proporsi badan dan

tentuna keterampilan yang merek punya.

Tentunya dengan berkembangnya usia,perbandingan antar bagian tubuh akan

mengalami perubahan.Gerakan anak prasekolah akan lebih terkendali dan terorganisasi

dalam pola pola,contohnyamenegakan tubuh atau badan pada posisi dalam keadaan

berdiri.Perkembangn jasmani anak prasekolah di pengaruhi oleh kesehatan,gizi dan

lingkungan fisik.

Pada waktu anak berusia 3 tahun umumnya diusia mereka seperti ini,mereka dapat

berjalan mundur,mampu berjalan di atas jari kaki (berjinjit) dan lari dan lainnya.Pada usia

3-4 tahun,anak mulai mampu mengenal lingkungan,segi empat dan tiga dan mencontohi

berbagai bentuk.Pada usia 4-5 tahun,biasanya mereka sudah mampu unuk melukis

seperti menggambar orang walaupun tidak sempurnah atau sebagus gambaran orang

yang sebenarnya.

Perkembangan kognitif

Kogniti adalah tingkah laku yang mengakibatkan orang mendapapatkan pengetahuan

atau yang di butuhkan orang untuk menggunakan pengetahuan.Perkembangan kognitif

ini menunjukan perkembangan cara anak berfikir untuk menyelesaikan berbagai konflik
Pada anak usia antara 0-2 tahun mulai mampu membedakan hal hal yang mereka lihat

dan amati.Para peneiti menemukan bahwa anak yang berusia bayi,telah menunjukan

adanya derajat kesadaran pengindraan yang cukup tinggi.

Setelah masuk dalam tahapan praoperasional,anak mulai bisa belajar dengan

mengnakan feelingnya,peningkatan day inga merkpun bertambah bahkan mereka sudah

bisa berimajinasi ap yang mereka lihat.

Perkembangan bahasa

Dengan semakin berkembangnya anak dan tumbuh,kualitas bahasa mereka pun akan meningkat.Dalam perkembangan bahasa akan kita temukan 3 hal yang harus di perhatikan,yaitu:Ada perbedaan bahasa serta kemampuan mereka dalam

berbica;menemukan dua daerah perkembangan bahasa yaitu bahasa bersifat pengertian

dan pernyataan;komunikasi diri atau berbica sendiri dalam hati.Anak prasekolah,mereka

biasanya telah mampu mengembangka keterampilan berbicara mereka lewat percakan

yang dapat menarik perhatian orang lain.

Perkembangan emosi dan sosial

yang mana seluruh aspek perkembangan berhubungan dengannya adalah

perkembangan emosi.Setiap orang pasti memeiliki rasa senang,emosI,anak akan

menunjukan ekspresi yang berbeda -beda sesuai dengan suasana hati mereka serta

pengalaman yang di alami pada masa mereka berkembang.Pada masa prasekolah,anak

dituntun agar mampu menyesuaikan diri mereka dengan oranglain dari berbagai

lingkungan.
Perkembangan sosial dimaksud perkembangan tingkah laku anak dengan menyesuaikan

atyran yang ada paa lingkungannya.Tanda dari tingkah laku sosialisasi adalah dengan

mereka merasa dingin,bosan dan lainnya.

Referensi

Ainswort,M.D.,& Witting,B.A. (1972).Attachment And Exploratory Behavior One-Year Old

in Strange Stiation,London:Methuen.

Allen,K.E.,& Hart,B. (1984).The Early Years.Arrangements for

Learning.London:Hougthon Mifflin Company.

Biehler,R.F.,& Snowman,J.(1993).Psycology Applied To Teaching (7 th

ed.).Toronto:Houghton Mifflin Company.

Bloom,B.(1964).Stability and Change in Human Characteristics.New York:John Wiley &

Sons.

Brewer,J.N.(1992).Early Childhood Education.Bostan:Allyn and Bacot.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun