Nama: Sutri atono 131422090
Dosen pengampuh:Prof.Dr.Novianty Djafari S.Pd.l,M.Pd.l
Abstratk
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa anak masa prasekolah adalah anak yang berada  pada usia 0-6 tahun.anak pad usia 0-6 tahun akan mengalami perkembangan untuk pertumbuhannya.Pada masa anak prasekolah maka anak akan mengalami  perkembangan meliputi:perkembangan jasmani,perkembangan kognitif,perkembangan bahasa dan perkembangan emosi dan sosial.ke 4 perkembangan ini akan berkembang pada masa 0-6 tahun dengan berjalannya waktu.
Pendahuluan
Anak masa prasekolah adalah anak yang mana berusia 0-6 tahun.Ada juga yang
mengatakan anak masa prasekolah itu berusia dari 3-6 tahun,pada masa mereka
menginjak usia prasekolah,mereka senang akan berimajinasi dan mereka percaya
bahwa mereka memiliki kekuatan.Melihat perkembangan mereka sangatlah
penting,maka dari itu pentingnya mengetahui perkembangan mereka.
Larar belakang
Tentu penting mempelajari dan meneliti perkembangan seorang anak,karna hal ni sangat
berpengaruh kedepannya.Dengan mengetahui tahapan perkembangan anak masa
prasekolah maka akan memudahkan kita untukmengembangkannya.Metode
Agar keobjektivitas tetap terjaga maka metode penelitian yang digunakan adalah bedah
buku.Dengan memanfaatkan sejumblah literatur yang terpercaya.
HASIL PEMBAHASAN
Pengertian Anak Prasekolah
Kita ketahui bersama ketahui bahwa dua pakar psikologi pendidikan yakni Biechler dan
Snowman pada tahun 1993 mengatakan yang di maksud dengan anak prasekolah
adalah mereka yang berusia antara 3-6 tahun. Anak prasekolah biasanya mengikuti
program prasekolah dan kinderganten.Anak yang berusia 3 bulan - 5 tahun.Sedangkan
Indonesia sendiri,umumnya anak prasekolah mengikuti kegiatan proram tempat
penitipan anak pada usia 3 bulan -- 5 tahun dan juga kelompokbermain pada usia 3
tahun,lalu pada usia 4-6 tahun anak ptasekolah biasanya mengikuti program Taman
kanak- kanak.
Teori Piaget yang membicarakan perkembangan kognitif,perkembangan dan tahapan sensorimotor 0-2 tahun,lalu usia 2-7 tahun mengalami perkembangan tahap praoperasional,operasional konkret pada usia 7-12 tahun,dan operasional formal di usia
12-15 tahun.Jadi perkembangan anak pada masa prasekolah berada pada tahan
praoperasional.
Ciri-Ciri Tahapan Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Prasekolah
Ada beberapa tahapan perkembangan perkembangannya diantaranya:
Pekembagan jasmani
Disaat anak telah masuk pada tahapan prasekolah dimana berusia 3-6 tahun akan ada
ciri-ciri yang jelas bereda dengan anak usia praseklah dan anak usia bayi.Terletaknya
perperbedaannya itu dalam penampilan,berat badan,tingi badan,proporsi badan dan
tentuna keterampilan yang merek punya.
Tentunya dengan berkembangnya usia,perbandingan antar bagian tubuh akan
mengalami perubahan.Gerakan anak prasekolah akan lebih terkendali dan terorganisasi
dalam pola pola,contohnyamenegakan tubuh atau badan pada posisi dalam keadaan
berdiri.Perkembangn jasmani anak prasekolah di pengaruhi oleh kesehatan,gizi dan
lingkungan fisik.
Pada waktu anak berusia 3 tahun umumnya diusia mereka seperti ini,mereka dapat
berjalan mundur,mampu berjalan di atas jari kaki (berjinjit) dan lari dan lainnya.Pada usia
3-4 tahun,anak mulai mampu mengenal lingkungan,segi empat dan tiga dan mencontohi
berbagai bentuk.Pada usia 4-5 tahun,biasanya mereka sudah mampu unuk melukis
seperti menggambar orang walaupun tidak sempurnah atau sebagus gambaran orang
yang sebenarnya.
Perkembangan kognitif
Kogniti adalah tingkah laku yang mengakibatkan orang mendapapatkan pengetahuan
atau yang di butuhkan orang untuk menggunakan pengetahuan.Perkembangan kognitif
ini menunjukan perkembangan cara anak berfikir untuk menyelesaikan berbagai konflik
Pada anak usia antara 0-2 tahun mulai mampu membedakan hal hal yang mereka lihat
dan amati.Para peneiti menemukan bahwa anak yang berusia bayi,telah menunjukan
adanya derajat kesadaran pengindraan yang cukup tinggi.
Setelah masuk dalam tahapan praoperasional,anak mulai bisa belajar dengan
mengnakan feelingnya,peningkatan day inga merkpun bertambah bahkan mereka sudah
bisa berimajinasi ap yang mereka lihat.
Perkembangan bahasa
Dengan semakin berkembangnya anak dan tumbuh,kualitas bahasa mereka pun akan meningkat.Dalam perkembangan bahasa akan kita temukan 3 hal yang harus di perhatikan,yaitu:Ada perbedaan bahasa serta kemampuan mereka dalam
berbica;menemukan dua daerah perkembangan bahasa yaitu bahasa bersifat pengertian
dan pernyataan;komunikasi diri atau berbica sendiri dalam hati.Anak prasekolah,mereka
biasanya telah mampu mengembangka keterampilan berbicara mereka lewat percakan
yang dapat menarik perhatian orang lain.
Perkembangan emosi dan sosial
yang mana seluruh aspek perkembangan berhubungan dengannya adalah
perkembangan emosi.Setiap orang pasti memeiliki rasa senang,emosI,anak akan
menunjukan ekspresi yang berbeda -beda sesuai dengan suasana hati mereka serta
pengalaman yang di alami pada masa mereka berkembang.Pada masa prasekolah,anak
dituntun agar mampu menyesuaikan diri mereka dengan oranglain dari berbagai
lingkungan.
Perkembangan sosial dimaksud perkembangan tingkah laku anak dengan menyesuaikan
atyran yang ada paa lingkungannya.Tanda dari tingkah laku sosialisasi adalah dengan
mereka merasa dingin,bosan dan lainnya.
Referensi
Ainswort,M.D.,& Witting,B.A. (1972).Attachment And Exploratory Behavior One-Year Old
in Strange Stiation,London:Methuen.
Allen,K.E.,& Hart,B. (1984).The Early Years.Arrangements for
Learning.London:Hougthon Mifflin Company.
Biehler,R.F.,& Snowman,J.(1993).Psycology Applied To Teaching (7 th
ed.).Toronto:Houghton Mifflin Company.
Bloom,B.(1964).Stability and Change in Human Characteristics.New York:John Wiley &
Sons.
Brewer,J.N.(1992).Early Childhood Education.Bostan:Allyn and Bacot.