Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

7 Kiat Bagi UMKM Hadapi Resesi 2023

16 Oktober 2022   05:00 Diperbarui: 16 Oktober 2022   06:22 720
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
UMKM (sumber: pajak.com)


UMKM terbukti menjadi pilar yang menyelamatkan Indonesia saat krisis perekonomian pada tahun 1998. Kembali peran UMKM teruji pada resesi perekonomian pada tahun 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19.

Tahun depan, 2023 sudah didepan mata, kurang dua bulan lagi. Banyak pakar perekonomian dunia meramalkan sebagai tahun yang berat, bahkan dipredikai resesi akan kembali melanda dunia. Tanda-tanda bakalan terjadinya resesi ditandai dengan kenaikan kebutuhan pokok, seperti BBM, gas dan sembako.
Apakah UMKM bakal teruji kembali menjadi penyelamat Indonesia? Setelah Indonesia berhasil selamat dari krisis pangan akibat swa sembada pangan.

Ada 7 kiat bagi UMKM agar dapat bertahan pada resesi 2023:

1. Pilahlah jenis produk yang diproduksi dan dipasarkan. Produksi dan pasarkan produk yang masih menghasilkan laba atau profit. Singkirkan produk yang jelas menimbulkan kerugian, agar tidak menggerogoti laba yang telah dibukukan.

2. Semaksimal mungkin, gunakan bahan baku produksi produk dalam negeri, agar bersama-sama menggulirkan roda perekonomian. UMKM memiliki pasar yang luas dari rakyat kecil hingga orang kaya, maka harus dapat terus berputar.

3. Sederhanakan sistem manajemen, dengan mempertahankan sumber daya manusia yang kreatif dan potensial. Singkirkan sumber daya manusia yang tidak kreatif, meski berasal dari teman, keluarga atau kroni.

4. Perluas jaringan pemasaran dengan memasuki pasar daring seperti market place. Jangan hanya statis mengandalkan pasar tradisional saja.

5. Ciptakan produk baru yang inovatif, agar pelanggan selalu tertarik untuk membeli dan menggunakannya. Berusahalah selalu menjadi pemula atau pioneer, dan jangan menjadi follower saja agar dapat memperoleh pasar lebih awal.

6. Ciptakan program pemasaran yang menarik bagi calon pelanggan, dengan memanfaatkan momentum yang tepat, seperti awal tahun, pertengahan tahun, awal sekolah, libur sekolah, peringatan hari Kemerdekaan, peringatan hari pelanggan nasional, hari belanja online nasional, bulan Ramadan, Idul Fitri, Natal, dan akhir tahun.

7. Ciptakan program pemasaran yang membuat calon pelanggan membeli lebih banyak, agar volume penjualan meningkat, meski laba atau profit sedikit berkurang, namun secara total akan tetap menambah penghasilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun