Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Mojokerto, Kota Tekercil di Indonesia

22 Januari 2022   20:14 Diperbarui: 23 Januari 2022   10:58 780
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ikon Mojokerto (sumber: goodnewsfromindonesia.com)


Tahukah Anda tentang kota terkecil di Indonesia? Jawabnya adalah Mojokerto di Jawa Timur. Kota dengan luas 16,47 km2 yang terdiri 3 kecamatan dan 18 kelurahan ini  memiliki jumlah penduduk 1,4 juta jiwa. Meski kecil kota Mojokerto terlihat bersih, hijau dan tertata rapi. Dan merupakan daerah wisata alam dan wisata sejarah, meski tepatnya lokasi wisata ini terletak di Kabupaten Mojokerto.

Disebut wisata alam karena memiliki 10 air terjun yang indah dan wisata sejarah karena banyak menyimpan peninggalan sejarah kerajaan Majapahit.

Beruntung Koteka Talk sore ini memperoleh narasumber, Prasta Tyasih Trisoka Wijayanti, siswa SMAN 1 yang berhasil menjadi "Yuk bertalenta Mojokerto 2021". Yuk adalah kejuaraan sejenis  Abang-None di Jakata dan Mas-Diajeng di Jogja, nama kejuaraannya Gus-Yuk Bertalenta Mojokerto 2021. Tema yang diusung adalah "Wonderful Indonesia: Mojokerto the Fortress of Majapahit". Acara dipandu langsung oleh Ony Jamhari, ketua Koteka 2022.

Prasta (dok: Koteka)
Prasta (dok: Koteka)

Prasta tidak menyiapkan materi presentasi hanya menjawab pertanyaan yang diajukan moderator.

Prasta lahir di Mojokerto 5 Oktober 2004, dan sekarang sedang duduk di kelas 11 SMAN 1 Sooko, Mojokerto. Penggemar K Pop ini memilki hobi menari, teater, puisi, dan pidato. Dia senang mengikuti program extra kurikuler tentang berorganisai, meski dia tidak bergabung pada OSIS. Selain bersekolah, Prasta banyak mrmiliki kegiatan, seperti membuat vlog dan menari tradisional modern. Itulah sebabnya Prasta sempat menjadi juara ketiga Kejurda dance sport,  juara pertama lomba vlog se Jawa Timur dan masuk 50 besar finalis "Indonesia Got Taent".

Selain itu, Prasta senang mengeksplorasi kota kelahirannya, salah satunya air terjun Dlundung, candi- candi di Trowulan, kolam Segaran, dan puncak Pacet serta  puncak Trawas.

Menurut penjelasan Prasta, di Mojokerto banyak wirausaha,  yang memasarkan cindera mata khas Trowulan.

Untuk menuju Mojokerto yang sekitar 50km dari Surabaya, sebaiknya melalui Surabaya, ibukota Jawa Timur, lalu dilanjutkan dengan mobil atau bis ke Mojokerto:melalui tol, atau dengan kereta api turun di stasiun Mojokerto.

Untuk wisata alam, Mojokerto memiliki 10 air terjun. Yang terkenal adalah air terjun Diundung (Trawas), Coban Canggu (Pacet), Watu Gedek, dan 7 Bidadari.

Untuk wisata aejarah di Trowulan, yang dulu merupakan pusat kerajaan Majapahit, ada museum yang menyimpan koleksi peninggalan kerajaan Mzjapahit, dan candi-candi Majapahit. Sedangkan pada kolam Segaran terdapat peralatan makan dari emas peninggalan era Majapahit. Lalu ada juga museum Gubug, yang banyak memiliki koleksi wayang termasuk boneka si Unyil. Untuk masuk lokasi wisata, harga tiket sangat murah, hanya sekitar:3-5:ribu Rupiah, kecuali bila didampingi pemandu wisata Anda dikenakan 50 ribu Rupiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun