Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

8 Tips Mengubah Rumah Jadi Kantor

27 September 2020   10:25 Diperbarui: 27 September 2020   10:30 50 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Tips Mengubah Rumah Jadi Kantor
Konsep hitam putih (sumber: jj.co)

Pada musim pandemi Covid-19 banyak pekerja kantor terpaksa harus bekerja dari rumah (Work From Home). Juga mahasiswa / siswa harus mengikuti Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah. Rumah pada umumnya tidak di disain memiliki ruang kerja, kecuali rumah yang berukuran besar. Namun untuk mereka yang memiliki rumah minimalis jangan kawatir, berikut disampaikan beberapa tips kreatif untuk mengubah (make over) rumah menjadi kantor.

1. Pilihlah salah satu sudut rumah

     Mengingat keterbatasan luasan rumah, pilihlah salah satu sudut dari rumah Anda. Bila kebetulan rumah Anda berada pada posisi hook (ujung) pilihlah sudut rumah yang dekat jendela. Hal ini akan membuat pemandangan lebih sejuk karena Anda dapat melihat taman. Entah taman tetangga atau taman milik sendiri. Tempatkan lampu sebaik mungkin agar ruang kerja memilki pencahayaan yang cukup.

2. Sediakan meja dan kursi yang ergonomis

Karena Anda harus bekerja di rumah selama 8 jam, sediakan meja dan kursi yang ergonomis agar Anda merasa nyaman. Yang penting, meja dan kursi ini letaknya jangan satu tempat dengan tempat tidur. Karena Anda akan condong untuk rebahan, dan hal ini berbahaya karena Anda bisa tertidur pulas pada jam kerja.

3. Pilihlah warna yang sesuai

Guna memotivasi semangat kerja Anda dapat mendekor ruang kerja di rumah dengan warna kegemaran Anda. Bisa warna netral seperti hitam putih, tetapi bisa juga warna cerah seperti hijau atau kuning.

4. Tempatkan peralatan yang diperlukan

Meja hendaknya cukup untuk meletakkan notebook, printer multi fungsi (print-scan-copy),  kalkulator, dan alat tulis. Sediakan pula router untuk menunjang internet yang berkecepatan tinggi sehingga ada wi-fi di rumah Anda. Paket internet sering menjadi satu dengan paket televisi kabel. Sekarang diperlukan internet berkecepatan tinggi karena sudah lumrah melakukan rapat virtual dengan aplikasi Zoom, Microsoft Team, Webex Meet atau Google Meet. Anda juga perlu menyediakan headset microphone untuk mendengarkan dan bicara dengan kualitas bagus saat rapat virtual.

5. Pasang poster motivasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x