Mohon tunggu...
Andi Kurnia Muin
Andi Kurnia Muin Mohon Tunggu... Guru - teacher, writer

Menulislah agar kamu menjadi abadi

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Tips Mengamankan Rumah Saat Mudik

2 April 2024   22:34 Diperbarui: 2 April 2024   22:41 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Mudik adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang untuk kembali berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Namun, kebahagiaan liburan dapat dipengaruhi oleh kekhawatiran akan keamanan rumah yang ditinggalkan. 

Untuk memastikan perjalanan mudik Anda berjalan lancar tanpa rasa khawatir, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil sebelum meninggalkan rumah. Agar Anda dapat pergi dengan pikiran yang tentram, mari kita telusuri beberapa tips untuk meninggalkan rumah dengan aman saat mudik:


1. Persiapkan Rumah Secara Matang
Sebelum berangkat mudik, pastikan untuk memeriksa semua pintu, jendela, dan pintu garasi. Pastikan semuanya tertutup rapat dan terkunci dengan baik. Periksa juga sistem keamanan rumah Anda dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Dan yang terpenting, lepaskan selang dan regulator dari tabung dan kompor.

2. Tunjukkan Kehadiran Anda
Meninggalkan kesan bahwa rumah Anda tidak kosong dapat menjadi penghalang bagi para pencuri. Anda dapat meminta bantuan tetangga untuk membuka tirai, membuang sampah, atau bahkan memarkirkan mobil mereka di depan rumah Anda secara berkala.
Termasuk memasang bohlam lampu teras yang  otomatis menyala saat mulai gelap. 


3. Jaga Informasi Pribadi
Hindari membagikan rencana perjalanan Anda secara terlalu terbuka di media sosial. Postingan tentang mudik yang panjang dapat memberikan petunjuk kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab bahwa rumah Anda kosong dan rentan.

4. Pertimbangkan Sistem Keamanan Tambahan
Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memasang sistem keamanan tambahan seperti kamera pengintai atau alarm rumah yang terhubung ke pusat keamanan. Ini dapat memberi Anda ketenangan pikiran dan memberikan perlindungan ekstra bagi rumah Anda.
Jika memungknkan pasang CCTV di setiap sudut yang rawan.



5. Informasikan Tetangga
Berbicaralah dengan tetangga Anda tentang rencana mudik Anda. Mintalah mereka untuk memperhatikan rumah Anda dan memberi tahu Anda jika ada kejadian mencurigakan. Ini bisa menjadi lapisan tambahan perlindungan bagi rumah Anda.

6. Matikan Alat Elektronik
Pastikan untuk mematikan semua lampu, televisi, radio, dan peralatan elektronik lainnya sebelum Anda pergi. Ini akan memberikan kesan bahwa rumah Anda sedang ditempati dan dapat mengurangi risiko pencurian.

7. Jangan Mencantumkan Info di Media Sosial

Hindari memposting rencana perjalanan Anda atau foto-foto liburan di media sosial sebelum Anda benar-benar kembali ke rumah. Informasi ini dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kriminal.


Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat meninggalkan rumah dengan aman saat mudik dan fokus sepenuhnya pada momen berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Semoga perjalanan Anda lancar dan rumah tetap aman selama Anda pergi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun