Mohon tunggu...
susilo ahmadi
susilo ahmadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - sekedar menyalur hobi menulis

cuma orang biasa aja

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ngabuburit dengan Membersihkan Masjid

21 Mei 2019   06:55 Diperbarui: 21 Mei 2019   07:05 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

    

Berbuka adalah saat yang paling ditunggu bagi yang sedang berpuasa. Lepas Ashar sampai maghrib (ngabuburit) adalah waktu luang ketika banyak hal yang bisa dilakukan. Ada berbagai cara untuk mengisi waktu luang tersebut. Mulai dari sekedar nongkrong di alun-alun sembari mencari takjil, berjalan-jalan naik sepeda atau motor berkeliling kota, joging, dan lain-lain. 

Kalau istri paling suka diajak jalan-jalan berkeliling kota tetapi saya malah tidak menyukainya. Alasan saya adalah saat ngabuburit jalanan jadi sangat padat dan semrawut oleh kendaraan. 

Para pekerja kantor yang sedang pulang seolah sedang berpacu tiba di rumah. Jalan juga menyempit karena para pencari takjil memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan yang sudah padat. 

Apalagi beberapa menit menjelang adzan maghrib, jalan raya sudah seperti sirkuit balap saja hingar bingar oleh kendaraan berkecepatan tinggi mengejar waktu berbuka bersama anggota keluarga.

Karena itulah saya lebih suka berdiam diri di rumah melakukan hobi yang saya sukai yaitu menulis. Menulis apa saja terutama peristiwa-peristiwa yang baru terjadi seharian atau kemarin. 

Jika tidak ada sesuatu yang menarik untuk ditulis maka saya habiskan dengan membaca e-book. Ada banyak sekali koleksi e-book yang rasa-rasanya entah sampai kapan akan habis dibaca. 

Jika sedang bosan melakukan keduanya maka saya mengajak teman-teman Relawan Masjid (REMAS) untuk melakukan sesuatu yang berguna buat sesama daripada mondar mandir tak jelas di jalan nan bising. 

Relawan Masjid ini adalah organisasi nirlaba yang saya ikuti sejak Agustus tahun lalu. Kegiatan utamanya adalah membersihkan masjid saat akhir pekan. Syukurlah pada Ramadhan kali ini kami sudah berhasil melakukan tiga kali aksi membersihkan masjid saat ngabuburit. 

Memang saya hobi bersih-bersih rumah karena bagi saya rumah harus nyaman, bersih, dan sehat. Manusia menghabiskan 80% waktu dalam hidupnya berada di rumah dan bukan di dalam kendaraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun