Mohon tunggu...
Susi Eldayana
Susi Eldayana Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga dan profesional

Ikhlas akan membuka banyak jalan. Ikhlas adalah berdamai dengan hati.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

5 Manfaat Hubungan Intim Suami Istri untuk Kesehatan dan Kecantikan

16 April 2021   16:06 Diperbarui: 20 April 2021   11:17 73 2 0 Mohon Tunggu...

Hubungan intim suami istri bukan hanya mencari kenikmatan fisik atau kesenangan sesaat saja. Hubungan intim mempunyai banyak manfaat bagi pasangan suami istri. Hubungan intim dapat memperkuat ikatan cinta dan memupuk kedekatan kasih sayang sehingga membantu para pasangan mengatasi perbedaan antara mereka.

Saat pasangan berhubungan intim, banyak hormon yang ikut bekerja di dalam organ tubuh. Hormon oksitosin dan neurotransmitter yang dilepaskan selama momen intim berlangsung, meningkatkan rasa kepercayaan yang lebih kuat.

Ada banyak manfaat melakukan hubungan suami istri secara rutin, terutama buat para istri. Berikut manfaat hubungan intim suami istri pada kesehatan dan kecantikan.

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit Jantung

Saat bercinta, tubuh melepaskan hormon endorfin dan hormon lain yang dapat meningkatkan mood seseorang. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik.  Selain itu, hubungan intim suami istri secara rutin dapat menjaga keseimbangan kadar estrogen dan testosteron, serta dapat meningkatkan detak jantung, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, untuk pasangan yang memiliki masalah jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk intensitas hubungan intim.

2. Menurunkan Stres dan Meningkatkan Imunitas

Saat mencapai kepuasan seksual atau orgasme, tubuh melepaskan hormon endorfin, hormon oksitosin dan hormon lainnya yang berfungsi menyeimbangkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon endorfin dapat membuat rasa bahagia dan meningkatkan mood seseorang sehingga dapat mengurangi stres. Hormon-hormon tersebut juga membantu meningkatkan imunitas tubuh.

3. Mencegah Penuaan Dini dan Mencerahkan Kulit

Hubungan intim suami istri bermanfaat juga bagi kesehatan kulit. Telah dijelaskan bahwa tubuh saat berhubungan intim melepaskan hormon-hormon, salah satunya adalah hormon estrogen yang sangat bermanfaat bagi pembentukan kolagen. Kolagen sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.  Kolagen dapat membuat kulit menjadi kencang dan kenyal alami  sehingga membuat istri menjadi awet muda. Hal ini sangat baik bagi mereka yang takut terjadinya penuaan dini.

4. Mengencangkan Payudara

Saat berhubungan intim, tubuh melepaskan hormon estrogen yang dapat memperbesar payudara. Volume payudara bertambah hingga 25 persen saat sedang berhubungan intim. Kenaikan volume payudara ini, membuat posisi puting menjadi lebih tinggi sehingga payudara terlihat lebih padat. Oleh karena itu, istri yang rutin berhubungan intim dengan suaminya akan memiliki payudara yang lebih kencang dan sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x