Mohon tunggu...
Surya Nugraha
Surya Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

SURYA NUGRAHA SUBRATA (JUBEE) Lahir pada tanggal 31 Agustus 2001 di Sumedang Jawa Barat. Penyuka keheningan di kala gelapnya malam. Laki-laki berdarah sunda ini, memiliki hobby berkegiatan di luar ruangan sembari menikmati indahannya alam. Baginya, setiap hembusan angin yang terhirup menciptakan kedamaian sepanjang hidup.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Peduli Lingkungan Sekitar kepada SDN Melati dan SDN Cipancar untuk Meningkatkan Kesadaran Anak terhadap Lingkungan Sekitar

10 Agustus 2022   01:00 Diperbarui: 10 Agustus 2022   01:21 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama setelah kegiatan EPLS di SDN Malati dokpri


Pada tanggal 11 Juli 2022, Universitas Pendidikann Idonesia telah kembali mengadakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelaksanaan KKN ini dibagi berdasarkan wilayah tempat tinggal sehingga mampu memberikan pengalaman serta bekerja sama dengan masyarakat asli wilayah tempat tinggal. Tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan Rekognisi MBKM-Purpesnas Kemendibudristek". Namun tema yang diangkat pada setiap kelompok berbeda beda, seperti pada kelompok KKN-Tematik 164 yang dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Drs. H Encep Sudirjo S, pd. M, pd ini melaksanakan Kuliah Kerja Nyata dengan Tema "Desa Kawasan Pemukiman Aman dan Nyaman"

Foto bersama setelah kegiatan EPLS di SDN Cipancar dokpri
Foto bersama setelah kegiatan EPLS di SDN Cipancar dokpri

Program yang dilakukan pada tanggal 26 Juli dan 1 Agustus 2022 ini menargetkan siswa dan siswi yang berada di kelas 3,4,5 dengan harapan bahwa mereka dengan usia tersebut lebih mudah paham dan dapat mengimplementasikan apa yang dipaparkan oleh kelompok dengan baik.

Berbagai cara dilakukan agar kegiatan ini dapat dikemas dengan menarik sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh, salah satunya yaitu dengan diadakan games diakhir kegiatan memasukan gambar sampah yang sudah disediakan kedalam tong sampah organik, non organik dan B3 dalam waktu 5 menit.  Terlihat bahwa peserta didik antusias dan aktif bertanya selama kegiatan berlangsung. 

Setelah peneliti melakukan perbandingan dari kedua sekolah didapatkan hasil dari kegiatan sosialisasi di SD cipancar-SD Melati didapatkan persamaan  dari keduanya yaitu SD Negeri Melati memiliki karakteristik peserta didik yang antusias, responsif  dan aktif begitupun dengan SD Negeri Cipancar. 

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan oleh seluruh anggota kelompok dengan harapan dapat meminimalisir pencemaran lingkungan dan membangun motivasi untuk dapat menjaga dan melestarikan lingungan dengan baik, sehingga seluruh masyarakat Desa Cipancar khususnya warga SD Negeri Melati dan SD Negeri Cipancar dapat menerapkan pola hidup sehat salahsatunya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan