Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Duta Besar - Penulis Dompu Selatan

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Di Pantai Ngampa, Memotret Senja Sembari Menyulam Kisah

12 Juli 2021   07:10 Diperbarui: 12 Juli 2021   07:14 154 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Pantai Ngampa, Memotret Senja Sembari Menyulam Kisah
Dokpri. Di Kaffe Ngampa, Dompu-NTB, 

"Pantainya sangat indah" Ujar Fitri ketika saya mewawancarainya sesaat memotret temannya, Minggu, 11 Juli 2021, pukul 17.00 WITA.

Fitri tidak sendiri. Ia datang bersama dua orang temannya dari desa Hu'u. Mereka penasaran dengan keindahan Pantai Ngampa. Ia menuturkan sering melihat pemberitaan tentang pantai Ngampa di lini masa media sosial. Lalu kemudian ia mengajak Radiatul Adwia, dan Selfiana.

Dokpri. Fitri, Radiatul dan Selfiana
Dokpri. Fitri, Radiatul dan Selfiana
Dokpri. Pantai Ngampa
Dokpri. Pantai Ngampa
Ini kali pertama dirinya menyaksikan secara langsung keindahan pantai Ngampa. Di antara pengunjung yang lain, mereka berdiri di atas bongkahan karang yang memanjang. Sesekali tersapu percikan air karena terhempas angin laut.

Langit sore dengan sapuannya menyapa semesta. Pantulannya mengkilau di teluk Cempi yang terhampar. Memanja pada semesta yang damai. Harmonis dalam labiran buih lautan yang indah.

Fitri terlihat menikmati semburan air laut yang memantul di karang. Semburannya melangit. Ketika buih itu datang itulah waktu yang tepat baginya untuk mengambil gambar. Latarnya sangat indah. Bahkan tak terhitung berapa kali ia memotret. Kadang berselfi. Kadang pula bersama temannya. Mereka seolah tidak puas dengan satu potretan. Mereka mendokumentasikan setiap inci momen terbaik selama berpijak di pantai Ngampa.

Dokpri. Pantai Ngampa
Dokpri. Pantai Ngampa
Awalnya saya tidak ingin mengganggu. Tapi setelah mereka jedah mengambil gambar, saya memberanikan diri menghampirinya. Hanya sekedar ingin tahu kesan mereka tentang pantai Ngampa. Sebagai pengunjung, Fitri sangat terpesona dengan keindahan yang ia saksikan. Menurutnya, viewnya sangat indah. Unik. Panorama pantainya begitu memanjakan.

Ketika dimintai saran, Fitri menaruh harap agar fasilitas di pantai Ngampa bisa segera ada, seperti toilet, jalan segera di aspal. Bahkan yang paling disegerakan adalah, perlunya menyediakan tempat sampah di sepanjang pantai, agar pengunjung tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Dokpri. Nia dan Yati
Dokpri. Nia dan Yati
Dokpri. Pantai Ngampa
Dokpri. Pantai Ngampa
Hal senada disampaikan Nia dan Yati. Keduanya dari Desa Lune, kecamatan Pajo. Mereka berkisah bahwa sebelumnya tidak mengetahui tentang pantai Ngampa. Ini kedatangan perdana bagi keduanya. Awal mula penasaran karena sering melihat postingan di media sosial. Hasrat ingin bertandang memuncak. Jadilah mereka datang sore ini. Mereka terlihat sibuk bergantian memotret satu sama lain sebelum saya datang 'mengganggunya' dengan beragam pertanyaan.

Pantai Ngampa yang berada di desa Cempi Jaya, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu-NTB ini ternyata membuat keduanya bisa berlama-lama dengan membawa pulang hasil potretan yang banyak. Keduanya ternyata membawa camera merek canon untuk mendokumentasikan setiap momen penting selama berada di pantai Ngampa.

Dokpri. Pantai Ngampa
Dokpri. Pantai Ngampa
Dokpri. Pantai Ngampa
Dokpri. Pantai Ngampa
Ketika saya datang menghampirinya, keduanya sedang berpijak di atas hamparan pasir putih sembari bergaya sebelum mata camera membidiknya. Gesturnya terlihat tak bersahabat. Ketika saya menyampaikan maksud, mereka baru terlihat rileks. Senyum merekah di wajahnya yang ayu. Mereka menyampaikan apa adanya tentang pantai Ngampa.

Ketika saya minta penilaiannya. Mereka serentak menjawab bagus dan indah. Menurut keduanya, Pantai Ngampa memang agak unik, selain hempasan ombaknya yang mengangkasa, juga terdapat pasir putih sejauh mata memandang. Di pantai ini sangat bagus untuk memotret banyak objek. Selain pasir putih, gunung bersisian juga deburan ombak yang selalu mengangkasa.

"Pantainya bagus" Ucap Nia

Sementara pengunjung yang lain juga mengutarakan kekaguman yang serupa. Bagi mereka, Pantai Ngampa merupakan wisata pantai baru yang telah menyedot perhatian banyak kalangan. Keindahan pantainya menjadi primadona baru bagi publik yang ingin menghilangkan kepenatan yang sedang menggelayut dalam benak.

"Viewnya sangat bagus, terlebih suasana sore seperti ini" Ungkap Linda, salah seorang pengunjung dari desa Hu'u.

Dokpri. Linda bersama temannya
Dokpri. Linda bersama temannya
Dokpri. Kaffe Ngampa
Dokpri. Kaffe Ngampa
Dokpri. Kaffe Ngampa
Dokpri. Kaffe Ngampa
Saya sengaja memilih datang di sore hari hanya ingin melihat volume pengunjung setelah pantai ini viral di media sosial. Efek pemberitaan ternyata memberikan pengaruh yang cukup baik bagi pengembangan wisata. Namun demikian, pendapat pengunjung perlu kiranya didengarkan untuk mengetahui kesan, saran dan harapan mereka untuk kemajuan pantai Ngampa ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN