Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Duta Besar - Penulis Dompu Selatan

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Bersinergi untuk Mengembangkan Pantai Ngampa

10 Juli 2021   08:40 Diperbarui: 10 Juli 2021   08:49 115 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersinergi untuk Mengembangkan Pantai Ngampa
Dokpri. Muttakun di Pantai Ngampa

"Bagaimana tenaga, pikiran kita berkolaborasi untuk menggarap destinasi wisata ini" Ungkap Ir. Muttakun saat menyambangi wisata pantai Ngampa, Jumat 9 Juli 2021.

Muttakun adalah Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu-NTB. Sejauh ini perhatiannya terhadap pengembangan wisata pantai Ngampa patut diacungi jempol. Mulai dari menggelontorkan beberapa gazebo, memasukan eksavator untuk meratakan tanah di atas bibir pantai, hingga memberi atensi kepada pemerintah daerah untuk menaruh perhatian terhadap pengembangan dunia pariwisata terlebih pantai Ngampa.

Dokpri. Suradin 
Dokpri. Suradin 
Dokpri. Saat wawancara Ir. Muttakun
Dokpri. Saat wawancara Ir. Muttakun
Dokpri. Suradin
Dokpri. Suradin
Saya sedang tidak memujinya, tapi demikianlah kenyataannya. Saat bertemu dengannya di pantai Ngampa, ia mengutarakan beberapa terobosan yang nantinya ia lakukan demi kemajuan pantai Ngampa. Pertemuan ini bukanlah kali pertama. Sebagai jurnalis jalanan, saya sudah beberapa kali bersua dengan anggota legislatif yang di kenal dengan Jara Poro ini.

Dokpri. Muttakun, Indra Dan anggotanya
Dokpri. Muttakun, Indra Dan anggotanya
Di pantai Ngampa selain dirinya saya ngobrol dengan Indra pemilik Kaffe Ngampa yang satu-satunya baru berdiri. Kaffe ini menyediakan beragam minuman dan makanan bagi pengunjung. Beragam ide dan gagasan berseliweran untuk di sumbangkan demi satu tujuan yakni bagaimana pantai Ngampa ini bisa di kenal publik dan memberikan efek ekonomi bagi masyarakat setempat. Indra, dengan Kaffe mini miliknya ikut andil memberikan pelayanan kepada pengunjung agar mereka bisa berlama-lama berada di pantai Ngampa selain menikmati panorama alamnya yang eksotik.

Dokpri. Pantai Ngampa
Dokpri. Pantai Ngampa
Pantai Ngampa berada di bibir Teluk Cempi, Desa Cempi Jaya, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu-NTB. Pantai Ngampa memiliki panorama alam yang indah. Hamparan teluk Cempi yang membentang luas dengan deburan ombak yang eksotik. Belum lagi pasir putihnya yang memanjang jauh. Pengunjung tidak hanya menikmati keindahan pantai, tetapi gunung bersisian di bagian barat pantai menyuguhkan keindahan semesta.
Pantai Ngampa sebelumnya belumlah di jamah dengan kebijakan pemerintah. Seolah dibiarkan begitu saja tanpa pernah di perhatikan. Tidak ada riak-riak pengunjung. Bahkan nama pantai ini hanya di ketahui oleh segelintir orang saja. Namanya seolah terpendam karena ketenaran nama-nama pantai lain seperti pantai Lakey.
Dokpri. Suradin
Dokpri. Suradin
Dokpri. Kaffe Ngampa
Dokpri. Kaffe Ngampa
Dokpri. Suradin
Dokpri. Suradin
Dokpri. Suradin
Dokpri. Suradin
Tapi ketika di tata sekitar satu bulan yang lalu di tambah dengan promosi yang terus gaungkan, membuat pantai ramai pengunjung. Banyak yang penasaran lalu memenuhi hasratnya untuk menikmati panorama pantai Ngampa. Tidak hanya masyarakat umum, beberapa pejabat teras di kabupaten juga menyempatkan waktu untuk berpijak di atas pasir putih Pantai Ngampa.

Dukungan pemerintah desa dan masyarakat setempat menjadi salah satu daya ledak membuat Pantai ini mulai di tata dan di kelola dengan professional. Walaupun masih awal dengan infrastruktur yang terbatas, tapi upaya  untuk mewujudkan wisata pantai yang di idam-idamkan pengunjung bisa segera terwujud.

Dok. Kaffe Ngampa
Dok. Kaffe Ngampa
Dokpri. Semua stakeholder
Dokpri. Semua stakeholder
Saya menyadari, memang perlu ada kolaborasi semua elemen demi satu tujuan bersama. Mulai dari pemerintah pusat, provinsi, pemerintah daerah, pemerintah desa, masyarakat, tokoh pemuda dan media. Yang terakhir ini tidak bisa dinafikan. Media punya andil untuk memberikan informasi kepada publik. Mengabaikannya, sama saja menghilangkan satu kekuatan.

Lewat media, publik bisa mengenal pantai Ngampa. Memusuhi insan media merupakan langkah yang tidak bijak. Karena mereka bisa memberikan efek positif bagi pengembangan pantai Ngampa lewat tulisan-tulisannya.

Mari bergandengan tangan dengan semua pihak untuk kemajuan pantai Ngampa agar ekonomi masyarakat bisa melejit. Apakah Anda sepakat?

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x