Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Nature

Tanah Sebagai Media Tanaman

21 September 2022   16:05 Diperbarui: 21 September 2022   16:37 37 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah,

Tanaman pada zaman modern ini perlu tumbuh dan dapat tumbuh pada berbagai media termasuk tanah, air, cocopeat, arang, batu dsb. Tetapi media yang umum digunakan dan akan dibajas secara khusus di tulisan ini adalah media tumbuh yanaman dari tanah. Jadi tanahlah di sini yang digunakan dan dibahas sebagai medium tanaman.

Tanah sebagai lahan

Jika tanah menyusun suatu hamparan maka selanjutnya disebut lahan. Konsep lahan di sini meliputi aspek geologi  iklim, bentuk kontur, hidrologi, tanaman penutup tanah, fauna termasuk serangga dan mikrofauna yanh dapat menjadi hama dan penyakit. Demikian juga penggunaan lahan oleh manusia dari masa lampau sampai sekarang ini. Salah satu aspek untuk menilai lahan dalam hubungan dengan tanaman adalah kesesuaian lahan (land suitability) dilakukan dengan menilai elemen-elemen lahan yang disebutkan sebelumnya.

Konsepsi tentang tanah

Tanah adalah gabungan benda alami menempati porsi permukaan bumi yang mendukung tanaman dan mempunyai sifat dan ciri yang disebabkan sejumlah faktor penyebab yakni iklim dan benda hidup yang beraksi terhadap bahan induk, yang dikondisikan oleh lereng, pada kurun waktu tertentu. Di sini tanah mampu menunjang aktivitas jasad hidup dan tanaman.

Tanah mempunyai sifat fisik, kimia dan biologi  sebagai akibat hasil pengaruh integrasi dari iklim da  jasad hidup terhadap bahan induk, yang dipengaruhi oleh bentuk wilayah dan lamanya proses pembentukan.

Penyusun tanah

Sifat fisik tanah

Sifat kimia tanah

Bahan organik dalam tanah

Unsur hara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan