Mohon tunggu...
Ekonomi

Ekonomi NTB Pasca Gempa

3 April 2019   07:12 Diperbarui: 3 April 2019   07:21 91 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekonomi NTB Pasca Gempa
Dok: BinusTV

Sebelum berangkat ke Australia sempat taping untuk acara Perspektif (Binus TV) yg akan tayang tanggal 4 April 2019 jam 13.00 WIB
Membahas tentang Ekonomi NTB pasca gempa dan upaya yang seharusnya di lakukan untuk percepatan recovery ekonomi, juga dikaitkan dengan peluang pertumbuhan ekonomi yg di dorong oleh Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

70% pendudukan NTB mendiami pulau Lombok, sebelum gempa jumlah penduduk miskin di NTB sebanyak 737 ribu jiwa (14,75%). Gempa yg terjadi beberapa bulan lalu memiliki dampak penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,5% dan meningkatkan jumlah penduduk miskin menjadi 806 ribu jiwa (15.88%).

Bencana gempa bumi ini juga menyebabkan kerusakan di 7 kab/kota yg nilai nya mencapai 12,4 triliun rupiah dan kerugian sebesar 2,49 triliun, untuk memulihkan kembali dibutuhkan anggaran sekitar 10,19 triliun rupiah.

Untuk recovery di butuhkan kolaborasi semua pihak; pemerintah, industri, NGO dan masyarakat. Pasca gempa, presiden Jokowi sudah berkunjung ke NTB dengan membawa harapan dan bantuan. Bantuan yg berasal dari pemerintah pusat sudah diberikan secara bertahap melalui berbagai jenis program. 

Pemerintah daerah juga sudah melakukan upaya maksimal dalam penanganan bencana, meskipun banyak hal yg bisa dikritisi seperti kurang nya program mitigasi bencana padahal NTB merupakan daerah yg memiliki potensi bencana cukup tinggi.

Khusus sektor pariwisata, sepertinya pemerintah daerah dan industri pariwisata tidak memiliki perencanaan yg baik tentang penanganan wisatawan jika terjadi bencana. Terbukti para wisatawan yang sedang berlibur di NTB pada saat itu panik dan beberapa menjadi korban, kedepan nya pemerintah daerah dan industri pariwisata wajib memiliki perencanaan ini. 

Selanjutny, dari sisi NGO - relawan nasional dan lokal berduyun-duyun ke NTB memberikan bantuan seuai dengan kapasitas yg mereka miliki.

Gempa bisa menjadi bencana sekaligus berkah bagi masyarakat NTB, bencana karena menimbulkan kerugian yg cukup tinggi dan berkah itu sendiri ditandai dengan atensi yg tinggi tergadap NTB (semua media memberitakan NTB). 

Meskipun terjadi bencana, pandangan positif masih bertengger di NTB, terbukti dari tinggi nya permintaan untuk investasi di NTB saat ini.

Saat ini NTB menjadi primadona untuk menanam masa depan, pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi untuk mewujudkan NTB yg lebih baik. Tahun 2021 akan di gelar Moto GP di sirkuit Mandalika, ini akan mendatangkan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari pembalap, makanik, para sponsor dan tentunya para fans fanatik Moto GP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN