Mohon tunggu...
Mas Patmo
Mas Patmo Mohon Tunggu... Guru - SDN 1 Kateguhan-Sawit-Boyolali

Guru Penggerak-Pengajar Praktik-Narasumber Praktik Baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penyegaran Paket Modul 2 dan Modul 3 Bagi Pengajar Praktik PGP Angkatan 9

21 Oktober 2023   19:55 Diperbarui: 21 Oktober 2023   20:02 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini, Sabtu, 21 Oktober 2023 saya dikejutkan dengan informasi dari Whatsapp. Mbak Diva Amira, namanya, yang mengaku sebagai admin kelas. "Assalamu'alaikum Bapak/Ibu, Saya Diva Amira Admin Pendamping Kelas P33 dimohon untuk segara masuk Link Zoom .... Terima kasih" begitu bunyi pesannya.

Saya bingung, ini admin apa? Saya merasa tidak mengikuti kegiatan diklat, seminar, lokakarya ataupun sejenisnya. Berselang 6 menit, Mbak Diva menyusulkan soft file undangan. Saya klik filenya, isinya Undangan Penyegaran Paket modul 2 dan modul 3 bagi Pengajar Praktik PGP Angkatan 9. Dari kepala surat tertuliskan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau. Semakin kaget.

Saya segera buka group Whatsapp Pengajar Praktik, barangkali saya ketinggalan informasi. Di dalam grup sudah ada pemberitahuan untuk join grup (gabung grup) Kelas P33 Penyegaran PP Akt-9. Ternyata hal yang sama terjadi juga terhadap teman-teman saya. Seperti tahun bulat, digoreng dadakan. He he

Kegiatan penyegaran ini dilaksanakan secara daring. Kegiatan diikuti para pengajar praktik dari berbagai kabupaten atau kota di Indonesia. Diantaranya dari Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Sukabumi, Tasikmalaya, Banjarnegara, Kab. Banyumas, Batang, Kab. Blora, Kab. Boyolali, Kab. Brebes, dan Kab. Cilacap.

Dari sejumlah 282 peserta dibagi menjadi beberapa kelas. Dari kelas P29 sampai dengan kelas P34. Saya masuk dalam kelas P33. Bersama Fasil Pemandu Ibu Ida Prihantina.

Kegiatan di session awal pembahasan pendampingan individu 3 dan 4. Pembahasan dilakukan dengan secara berkelompok. Saya mendapat bagian kelompok 2 materi pendampingan individu 4.

Setelah berdiskusi selama kurang lebih satu jam, tiba saatnya presentasi. Ibu Ida memberikan kesempatan kepada kelompok yang siap untuk presentasi.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Saya berinisiatif untuk tampil pertama. Pasalnya teman-teman sedang sibuk. Sibuk dengan kegiatan yang sudah terencana. Kegiatan diklat, wisata religi, menjadi juri lomba dan sebagainya. Pikir saya. He he ...

Saya memberanikan diri untuk tampil. Lagipula kelompok kami sudah selesai diskusi. Alhamdulillah, presentasi lancar sampai waktu istirahat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun