Mohon tunggu...
Sunardi Saputra Jaya
Sunardi Saputra Jaya Mohon Tunggu... Guru - Guru PJOK

jadilah manusia yang bermanfaat untuk orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) dengan Menggunakan Metode STAR

19 Januari 2023   18:19 Diperbarui: 19 Januari 2023   18:31 1282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

SMK Negeri 1 Tambun Utara

Tanggal 10 Januari 2023

Tujuan yang ingin dicapai Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran keterampilan gerak guling depan dengan menggunankan pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Penulis : Sunardi Saputra Jaya

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Hal ini disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran selama ini masih belum mengarahkan peserta didik untuk aktif dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Peserta didik hanya mendengarkan guru menjelaskan saja tanpa terlibat langsung dalam proses menemukan jawaban yang di minta, hal ini menyebabkan peserta didik malas untuk berpikir kritis. Guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvesional atau ceramah, komando dan belum berpusat pada peserta didik dan juga tidak memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan minat/ motivasi belajar peserta didik.

Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Yang menjadi tantangan saya dalam mencapai tujuan tersebut adalah :
1. Guru kurang inovatif dalam menyampaikan pembelajaran sehingga peserta didik tidak faham dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
2. Guru belum memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan kepada peserta didik
3. Masih kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran berbasis TPACK dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menjelaskan materi keterampilan gerak guling depan kepada peserta didik sehingga peserta didik sulit memahami penjelasan dari guru

Siapa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, guru, teman sejawat dan kepala sekolah

Aksi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun