Suko Waspodo
Suko Waspodo profesional

... an ordinary man ... www.sukowaspodo.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Kerokan yang Baik dan Aman

13 Januari 2018   20:05 Diperbarui: 13 Januari 2018   20:22 147 1 1
Cara Kerokan yang Baik dan Aman
tembi doc.

Kerokan merupakan cara penyembuhan alternatif terhadap masuk angin yang sudah sering kita lakukan sejak jaman dulu. Terlepas dari boleh atau tidaknya secara medis tapi ternyata sudah terbukti bahwa kerokan dapat menyembuhkan flu atau masuk angin.

Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kerokan yang baik dan aman bagi kita.

Jangan menggunakan koin yang tajam bagian tepinya. Sebaiknya memakai uang logam lama yang terbuat dari tembaga. Biasanya uang logam jenis ini, apalagi yang sudah sering digunakan untuk kerokan, tepinya tidak tajam dan menjadi halus sehingga nyaman di kulit.

Cara menempatkan koin saat melakukan kerokan juga perlu diperhatikan. Posisikan koin sedikit miring atau tidur. Jangan diposisikan tegak karena dapat melukai kulit.

Lakukan kerokan dengan perlahan pada alur sekitar tulang rusuk. Biasanya angin masuk melalui bagian ini.

Warna yang timbul di kulit hasil pengerokan menentukan seberapa parah masuk angin yang dialami. Apabila warnanya sangat merah berarti masuk anginnya parah. Namun jika sudah dilakukan pengerokan berulang-ulang dan warnanya hanya merah muda berarti tidak ada masalah masuk angin yang parah.

Yang penting diperhatikan ialah jangan langsung mandi setelah dikerok karena pori-pori masih dalam keadaan terbuka. Lebih disarankan untuk membaluri badan dengan minyak kayu putih atau sejenisnya. Minumlah wedang jahe lalu tidur. Esok hari badan akan menjadi lebih segar. Namun seandainya tetap belum pulih sebaiknya dibawa ke dokter.

Demikianlah sedikit sharing pengalaman mengenai kerokan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat penuh cinta.

***

Solo, Sabtu, 13 Januari 2018

Suko Waspodo