Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... bukan penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

seorang yang sedang terus belajar menulis agar tulisannya layak dinikmati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Inilah yang Seharusnya Menjadi Tujuan Hidup Kita

11 Juli 2020   15:17 Diperbarui: 11 Juli 2020   15:16 97 31 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah yang Seharusnya Menjadi Tujuan Hidup Kita
ilustr: selipan.com

Apabila kita mampu memilih satu tujuan utama untuk hidup kita, apakah itu? Dalam tulisan kali ini, kita mengeksplorasi beberapa pilihan yang mungkin dan mencoba memahami apa arti setiap konsep bagi kita dan kehidupan kita.

Kepuasan

Menurut definisi dalam kamus, kepuasan adalah puas dengan apa yang dimiliki atau dimiliki seseorang; tidak menginginkan yang lain; perasaan nyaman dalam situasi, tubuh dan pikiran seseorang.

Menjadi puas tentunya harus menempati peringkat tinggi di antara hal-hal yang dapat dicita-citakan manusia. Jika kita memikirkannya, jika kita puas dengan situasi kita maka kita akan mampu mengucapkan selamat tinggal pada kecemasan, kekhawatiran, dan segala macam emosi negatif lainnya.

Tetapi apakah definisi kamusnya sedikit tidak fleksibel? Bisakah kita berorientasi pada tujuan sampai batas tertentu sambil tetap merasa nyaman dengan apa yang sudah kita miliki? Jika kita tidak melekatkan perasaan pada tujuan, maka apakah kita mencapainya atau tidak, kita tidak akan melihatnya sebagai positif atau negatif; itu hanya akan menjadi hasilnya.

Selain itu, patut ditanyakan apakah orang "jahat" mampu puas; dapatkah seorang pembunuh merasa nyaman dengan kejahatannya dan tidak menginginkan apa pun? Jika ini masalahnya, mungkin kepuasan belum tentu merupakan puncak aspirasi manusia.

Kebahagiaan

Menurut definisi dalam kamus, kebahagiaan adalah merasakan, menunjukkan, atau menyebabkan kesenangan atau kepuasan; senang karena hal tertentu: merasakan kesenangan dan kenikmatan karena hidup kita, situasi, dan lain-lain.

Banyak orang secara naluriah mengatakan bahwa kebahagiaan adalah salah satu ambisi utama mereka dalam hidup; lagipula, siapa yang tidak ingin bahagia?

Definisi dalam kamus tampaknya menunjukkan bahwa kebahagiaan sering melekat pada sesuatu yang lain dan ini menimbulkan pertanyaan apakah kita mengandalkan dunia luar untuk memberikan kebahagiaan kita.

Atau bisakah kita menciptakan kebahagiaan melalui tindakan dan pikiran kita? Mungkin menjadi bahagia adalah perasaan yang kita dapatkan ketika hidup kita dan nilai-nilai/moral/kepercayaan kita sangat selaras dan kita memiliki kebebasan untuk melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan.

Mungkin kita juga harus bertanya apakah keadaan bahagia dapat dipertahankan setiap saat atau apakah wajar untuk memiliki kesedihan dan netralitas dalam hidup kita.

Mencita-citakan kebahagiaan bisa berarti bahwa kita berusaha mengisi hidup kita dengan situasi yang membuat kita bahagia, tetapi kita juga harus membiarkan diri kita tidak bahagia ketika situasi seperti itu tidak terjadi.

Bermakna

Menurut definisi dalam kamus, bermakna adalah kualitas penting atau bermanfaat; kepentingan atau nilai; akhir, tujuan, atau arti sesuatu.

Kita yakin kita semua ingin hidup kita bermakna dan mencari makna ini tentu saja bukan tujuan yang buruk.

Definisi dalam kamus menyarankan bahwa makna dapat ditemukan dalam hal-hal yang bermanfaat atau yang memiliki signifikansi, tetapi makna adalah sesuatu yang manusia selalu berjuang untuk meletakkan jarinya.

Fakta bahwa itu adalah kuantitas yang tidak diketahui membuat bercita-cita untuk itu semakin sulit; walaupun hanya karena ada sesuatu yang sulit, itu tidak berarti kita tidak boleh mencoba. Mungkin saja tindakan mencari makna adalah langkah pertama dalam perjalanan panjang untuk menemukannya.

Cinta

Menurut definisi dalam kamus, cinta adalah kasih sayang yang sangat lembut untuk orang lain; perasaan kasih sayang yang kuat; untuk memiliki keterikatan dan kasih sayang yang besar.

Cinta adalah salah satu dari konsep-konsep yang kamus hanya bisa memberikan definisi yang sangat dangkal. Cinta dapat berarti banyak hal berbeda bagi orang yang berbeda, yang berarti bahwa keinginan untuk mengisi hidup kita dengannya mengharuskan kita untuk terlebih dahulu memutuskan apa arti cinta bagi kita.

Bisa juga dikatakan bahwa jenis cinta yang paling penting untuk dicari adalah cinta diri. Ketika kita bisa mencintai diri sendiri, kita bisa lebih mencintai orang lain; beberapa bahkan akan mengatakan bahwa bisa mencintai diri sendiri adalah prasyarat merasakan cinta untuk orang lain.

Kekayaan

Menurut definisi dalam kamus, kekayaan adalah sejumlah besar sesuatu yang baik; banyak atau banyak hal; keadaan menjadi kaya.

Kita sengaja menghindari definisi kekayaan yang mencakup uang atau harta benda karena konsepnya jauh melampaui ini. Memiliki kekayaan berarti memiliki banyak sesuatu dan penggunaan umum menyimpulkan bahwa ini adalah sesuatu yang baik. Jadi membidik kekayaan dalam hidup menunjukkan bahwa kita ingin memiliki banyak hal baik. Misalnya, ini bisa berupa banyak pengalaman menyenangkan, banyak cinta, atau kesehatan yang baik dan tahan lama.

Jadi, seseorang bisa bercita-cita menjadi kaya pada umumnya, di seluruh spektrum kehidupan manusia.

Perdamaian

Menurut definisi dalam kamus, perdamaian adalah ketenangan; penghentian atau kebebasan dari segala perselisihan atau pertikaian; bebas dari pikiran atau emosi yang meresahkan atau menindas.

Kita yakin sebagian besar dari kita menginginkan dunia yang penuh kedamaian, tetapi mungkin masuk akal juga untuk menginginkan kehidupan pribadi yang damai juga.

Kehidupan yang damai akan menjadi tempat di mana konflik tidak ada. Ada dua sisi dalam hal ini; pertama kita memiliki kedamaian di antara kita dan orang lain, dan kedua ada kedamaian dalam pikiran kita.

Definisi kamus ketiga di atas sangat relevan bagi diri dalam arti bahwa ia mengusulkan kurangnya pemikiran atau emosi yang gelisah sebagai sebuah prinsip kunci. Dalam pengertian ini, kehidupan yang damai akan berarti kehidupan yang bebas dari kecemasan, kekhawatiran, dan konflik internal lainnya.

Pengetahuan

Menurut definisi dalam kamus, pengetahuan adalah kesadaran, atau keakraban yang diperoleh melalui pengalaman atau pembelajaran; berkenalan dengan fakta, kebenaran, atau prinsip; keadaan mengetahui atau terbiasa dengan sesuatu.

Banyak yang bisa dikatakan tentang keinginan untuk mendapatkan pengetahuan. Ini karena, seperti yang ditunjukkan oleh salah satu kamus, kita dapat memperoleh pengetahuan ini melalui pengalaman kita dan ini dapat mengarah kembali ke konsep kekayaan sebelumnya.

Kata-kata kesadaran juga muncul dalam definisi pengetahuan yang menyiratkan bahwa itu hanya diperoleh melalui pemahaman yang lebih dalam, di luar dari sekadar menyerap informasi.

Dengan sendirinya, pengetahuan mungkin tidak cukup untuk membuat kehidupan yang memuaskan dan kita harus selalu menerima bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat diketahui, tetapi keinginan untuk memahami dunia dapat menjadi katalis untuk beberapa konsep lain yang disebutkan di sini.

Amal

Menurut definisi dalam kamus, amal adalah sesuatu yang diberikan kepada seseorang atau orang yang membutuhkan; pemberian bantuan secara sukarela; niat baik hati terhadap atau cinta kemanusiaan.

Dunia dipenuhi dengan orang-orang dan makhluk lain selain diri kita sendiri dan untuk dapat membantu mereka dengan cara tertentu tentu saja merupakan aspirasi yang terpuji.

Tidak semua amal mengharuskan kita memberi uang; tindakan kita seringkali sama pentingnya. Seperti yang diungkapkan salah satu definisi, tindakan amal dapat berupa apa saja yang menunjukkan cinta untuk sesama manusia.

Namun, kita tidak boleh membatasi amal hanya di ranah umat manusia karena itu menunjukkan kasih yang sama banyaknya dengan membantu anjing, burung, ikan paus, atau bahkan seluruh lingkungan. Merupakan tindakan amal untuk mengatakan tidak pada metode pertanian atau penangkapan ikan tertentu yang menghasilkan kekejaman seperti mendukung seorang anak dalam situasi miskin.

Integritas

Menurut definisi dalam kamus, integritas adalah kualitas jujur dan memiliki prinsip moral yang kuat; kualitas jujur dan adil; kesehatan karakter moral.

Ketika kita berbicara tentang seseorang yang memiliki integritas, secara umum, kita berarti seseorang yang cenderung melakukan hal yang benar dan yang menetapkan standar moral yang tinggi melalui tindakannya.

Namun, ada argumen kuat untuk mengatakan bahwa moral itu subjektif - bahwa mereka agak berbeda dari orang ke orang dan di berbagai masyarakat dan agama yang berbeda.

Jadi jika moral tidak diperbaiki, apakah bijak menjadikan integritas sebagai tujuan hidup? Kita dapat beralih ke definisi di atas untuk mendapatkan bantuan dalam hal ini, dan dua kata yang langsung menonjol adalah jujur dan adil. Kejujuran bukan hanya tindakan mengatakan kebenaran, tetapi juga menunjukkan kebenaran batin kita dan menjadi diri sendiri. Keadilan memperlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan. Sebagai sesuatu yang dicita-citakan, dua aspek integritas ini saja menjadikannya sesuatu yang perlu diperhatikan.

Pertumbuhan

Menutut definisi dalam kamus, pertumbuhan adalah proses berkembang secara fisik, mental, atau spiritual; perkembangan progresif; pengembangan dari bentuk atau tahapan lain tetapi terkait.

Sangat bawaan bagi kita untuk ingin tumbuh sebagai manusia, tetapi apa artinya ini? Apakah perkembangan sisi spiritual kita berarti kita telah tumbuh atau baru saja kita berubah? Jika kita memikirkannya, pertumbuhan paling sering dilihat sebagai mendapatkan sesuatu, tetapi apakah perubahan spiritual sebenarnya lebih tentang membersihkan diri dari hal-hal yang menghambat kita?

Jika tujuannya adalah untuk tumbuh secara intelektual, maka kita kembali ke kasus pengetahuan serta pro dan kontra sebagai sesuatu yang kita cita-citakan.

Kesenangan

Menurut definisi dalam kamus, kesenangan adalah kenikmatan atau kepuasan yang berasal dari apa yang disukai seseorang; perasaan puas dan senang; perasaan kebahagiaan, kenikmatan, atau kepuasan.

Freud menyarankan bahwa kesenangan adalah salah satu dorongan naluriah manusia, yang mendorong kita untuk berperilaku dengan cara tertentu. Tetapi apakah mengejar kesenangan itu sesuatu untuk dicita-citakan?

Definisi kesenangan dan kebahagiaan saling terkait - setiap kata muncul dalam definisi yang lain - tetapi apakah mereka satu dan sama atau apakah kesenangan itu sesuatu yang lebih dangkal?

Pertimbangkan bahwa kita mungkin dapat mengisi hidup kita dengan kesenangan melalui konsumsi, tetapi seringkali kita mendapati hidup itu berumur pendek dan hanya dapat diperoleh kembali dengan konsumsi lebih lanjut - dengan demikian kesenangan adalah inti dari kecanduan. Rasanya enak makan cokelat itu, merokok rokok itu, atau minum obat itu, tetapi jika ini adalah satu-satunya cara agar kita dapat menikmati kesenangan atau kepuasan, tentunya kita tidak boleh menempatkan kesenangan di urutan teratas daftar keinginan kita.

Kekuasaan

Menurut definisi dalam kamus, kekuasaan adalah kemampuan atau kapasitas untuk melakukan sesuatu atau bertindak dengan cara tertentu; kepemilikan kendali atau komando atas orang lain; kemampuan untuk mengendalikan orang dan acara.

Merasakan kendali atas hidup kita menuntut kita memiliki semacam kekuatan, tetapi dalam pengertian tradisional - dan yang akan kita lihat - ini termasuk mampu mengendalikan kehidupan orang lain juga.

Sekarang, jelas, dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang memang memiliki kekuatan lebih dari yang lain dalam hal menjadi bos di tempat kerja, atau menjadi orangtua untuk seorang anak. Pertanyaannya adalah apakah kita lebih baik dengan kekuatan lebih atau tidak; jika ya, akan sah untuk mencarinya.

Namun sering dikatakan bahwa kekuasaan itu korup dan jika ini masalahnya, itu berarti kehidupan yang hidup tanpa integritas dan tanpa kepuasan (mengapa itu buruk jika kita puas dengan hidup kita?).

Jadi, walaupun memiliki kekuatan kehendak bebas mungkin sesuatu yang harus kita rayakan, itu kurang bijaksana untuk menginginkan kekuasaan atas orang lain.

Kepopuleran

Menurut definisi dalam kamus, kepopuleran adalah keadaan disukai, dinikmati dan diterima; disukai, dikagumi, atau didukung oleh banyak orang; dianggap dengan bantuan, persetujuan, atau kasih sayang.

Sebagai makhluk sosial, wajar bagi kita untuk menginginkan persetujuan dan kasih sayang orang-orang dalam hidup kita, tetapi apakah mencari popularitas membuat tujuan yang baik?

Masalah utama dengan popularitas adalah bahwa hal itu membutuhkan orang lain dan ini membuat kita terkena keinginan pihak ketiga. Kita tidak dapat secara langsung mengontrol apakah orang lain menyukai kita atau tidak dan perasaan mereka dapat berubah seiring waktu, artinya popularitas dapat datang dan pergi.

Lebih jauh lagi, dengan meminta persetujuan orang lain, kita mungkin merasa tidak mampu menunjukkan diri kita yang otentik, sebaliknya melakukan suatu tindakan untuk menyenangkan. Tampaknya tidak mungkin bahwa ini akan menghasilkan kedamaian atau kepuasan dalam bentuk apa pun.

Diri Kita yang Lebih Tinggi

Tidak ada definisi dalam kamus tentang apa yang beberapa orang sebut diri kita yang lebih tinggi; sebenarnya tidak ada banyak definisi sama sekali. Mungkin ini karena kita tidak tahu apa artinya mencapai diri kita yang lebih tinggi, atau mungkin mencakup banyak hal yang berbeda seperti konsep yang dibahas di atas.

Kemudian lagi, diri kita yang lebih tinggi mungkin merujuk pada roh kita, hubungan kita dengan alam semesta, dan kesadaran kita - keadaan Buddhisme nirwana mungkin menggambarkannya dengan terbaik.

Siapa tahu, bercita-cita untuk naik ke diri kita yang lebih tinggi mungkin, pada akhirnya, menjadi yang tertinggi yang bisa kita tuju.

Tidak ada jawaban yang salah atau benar untuk pertanyaan tentang aspirasi kehidupan, tetapi semoga ulasan dalam tulisan ini memberi kita beberapa gagasan tentang hal-hal yang mungkin kita kejar. Kita harus ingat bahwa kata-kata yang kita gunakan untuk menggambarkan konsep-konsep ini akan selalu gagal dari kenyataan yang jauh melampaui.

***
Solo, Sabtu, 11 Juli 2020. 2:38 pm
'salam damai penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x