Mohon tunggu...
Maskatno Giri
Maskatno Giri Mohon Tunggu... Guru - Mas Guru b. Inggris SMAN 1 GIRIMARTO

Maskatno Giri atau Sukatno Wonogiri orang desa yang biasa-biasa saja, mau berusaha belajar dari siapa saja, diberi amanat mengajar di desa, jauh dari kota, SMAN1 Girimarto tercinta. Dia juga pemilik dan pengelola blog pembelajaran untuk siswanya:sukatnowonogiribelajar.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pandangan Seorang Guru SMA Tentang Perundungan

3 September 2021   06:14 Diperbarui: 4 September 2021   05:09 84 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pandangan Seorang Guru SMA Tentang Perundungan
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Selama ini saya belum pernah merasakan perundungan atau bullying di tempat kerja. Bagi saya tempat kerja adalah rumah kedua saya. Saya harus nyaman di tempat ini. Saya sudah bekerja   sekitar 20 tahun sebagai guru PNS di salah satu SMA di desa wilayah Wonogiri.

Nyaman di rumah, nyaman di tempat kerja tanpa perundungan. Itulah yang saya rasakan,  makanya saya merasa hidup bagai di syurga. Karena merasa  kerja nyaman. Lelah pun mudah lenyap berbalut kebahagiaan.

Di antara guru PNS perjalannaku pun paling jauh dibandngkan dengan teman sejawatku. Rumahku berlokasi  sekitar 50 km dari lokasi sekolah. Jadi pp sekitar 100 km. 

Saya Cuma membayangkan seandainya saya mendapat bullying, saya tidak akan nyaman bekerja sampai 20 tahun. Sudah kuniatkan saya akan menyelesaikan tugas saya sampai saya pensiun.

Mungkin  salah satu pembaca bertanya resepnya apa kok kerja nyaman,  sudah 20 tahun bekerja tidak mau mutasi ke tempat yang lebih dekat?

Salah satu jawaban saya: pengelolahan pikiran/magemen aqlu. Kita harus meyakini bahwa kesehatan  lahir dan batin  dipengaruhi oleh  kenyaman kerja. Saya merasa nyaman, saya belum pernah mendapat perundungan, dan saya juga  berusaha membuat orang lain nyaman. 

Saya belum pernah melakukan perundungan. Saya selalu ingat nasihat orang tua "sopo nandur ngunduh" (siapa menanam  akan memanen). Jadi yang utama agar kita tidak dibully jangan membully orang lain.

Yang kedua supaya saya kerja nyaman, saya mempraktikkan nasihat ibu saya "dadi  wong sepodo podo iku sing andap asor, ojo anggak sing semanak" (sesama rekan kerja yang tawadzuk tidak sombong, dan harus ramah). 

Nasihat ibu saya kuyakini benar, komunikasi anatar teman penting.Tapi ini saja belum cukup, menghargai atau andap asor itu lebih utama dari komunikasi.

Dua nasihat ortu saya di atas kupraktikkan, ternyata hasilnya saya terhindar dari perundungan. Kerja nyaman dan menyehatkan. Terbukti dampak kenyaman membikin stamina kerja meningkat.  

Bahkan saya termasuk salah satu guru berprestasi, sering juara dan sering membelajarkan siswa jadi juara. Selama 20 tahun jarang sakit. Kalau sakit, Cuma ringan salah satunya flu karena kehujanan, lupa bawa jas hujan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan