Mohon tunggu...
Suherman Juhari
Suherman Juhari Mohon Tunggu... Penulis - Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi ?

Suherman merupakan lulusan S-1 dan S2 Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya. Suherman aktif menulis artikel ilmiah, puisi, opini, novel dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Orang Makassar Kasar? Jangan Terjebak Stereotip

30 Juli 2019   22:37 Diperbarui: 28 Juni 2021   17:56 999 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang Makassar Kasar? Jangan Terjebak Stereotip
Terjebak stereotip tentang kasarnya orang Makassar (unsplash/leon)

"Apakah orang Makassar semuanya kasar? Tidak demikian. Apakah kalian tahu bahwa Pak Jusuf Kalla adalah orang yang sangat santun dan berasal dari Makassar?"

Kepada kalian yang suka menjudge orang lain berdasarkan apa yang anda amati secara pribadi dan yang muncul di media.

Saya hari ini kecewa berat karena masih ada saja orang yang suka menarik kesimpulan yang menurut saya melukai hati saya sebagai orang yang berasal dari  "Makassar".

"Orang Makassar tuh, Kasar, orang Makassar tuh banyak kriminal. Orang Makassar banyak ini itu".

Please, saya mohon kerelaan hatinya agar berhenti menularkan persepsi negatif anda kepada orang lain. Sebenarnya apa yang anda baca/saksikan di media atau dimana pun tidaklah mewakili secara keseluruhan dari populasi yang ada pada daerah tersebut.

Apakah orang Makassar semuanya kasar? Tidak demikian. Apakah kalian tahu bahwa Pak Jusuf Kalla adalah orang yang sangat santun dan berasal dari Makassar?

Baca juga : Rama, Manusia Kalkulator dari Makassar

Apakah sudah tahu bahwa ada pemuda Inspiratif dari Makassar yang membiayai SPP ratusan anak didiknya ? Sudah tahukah bahwa saat ini kreatifitas perfilman dari Makassar sedang bangkit dan terus menciptakan beragam prestasi? Apakah sudah kalian tahu bahwa orang Makassar di berbagai tempat memiliki integritas ?

Saya rasa bukan orang Makassar yang salah melainkan tontonan dan refrensi bacaan anda yang salah sehingga yang muncul di hadapan anda adalah serba berita kriminal dan sisi negatif dari Makassar. Saya rasa semua Kota Metropolitan mengalami masalah yang sama, tapi kenapa hanya Makassar yang anda benci ?

Padahal banyak sekali hal baik yang bisa di banggakan dari Makassar.
Orang Makassar pada dasarnya lembut dan santun.    Ketika ada yang mengatakan kami Kasar dan Keras itu adalah watak yang tercipta berdasarkan kondisi geografis, bukan berarti kami ini adalah kumpulan Kriminal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN