Mohon tunggu...
Kang Sugita
Kang Sugita Mohon Tunggu...

seorang bapak guru di pelosok gunungkidul

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Menonton Wayang Kancil di Jogja TV

20 Juni 2010   06:50 Diperbarui: 26 Juni 2015   15:25 114 0 4 Mohon Tunggu...

Siang ini, minggu, 20 Juni 2010, sembari menikmati makan siang, aku menyalakan televisi. Secara kebetulan ketika chanel televisi nyanthol di Jogja TV, televisi lokal di Yogyakarta dengan moto Tradisi Tiada Henti, aku dapati acara yang barangkali langka. Yaitu siaran berupa pementasan wayang kancil. Pementasan wayang, apalagi wayang kancil termasuk sulit ditemukan. Serahu saya, saat ini sudah sangat langka tokoh dalang untuk jenis ini. Salah satunya yang cukup dikenal adalah Ki Ledjar, di Yogyakarta.

Lakon yang dipentaskan ki dalang siang ini merangkum hampir semua kisah kancil dengan beberapa improvisasi yang lumayan menarik. Dengan bahasa campuran yang komunikatif, pesan-pesan moral dan pelestarian lingkungan ditampilkan dengan alur cerita yang runtut dan menarik. Seandainya siaran ini ditayangkan stasiun televisi yang bersifat nasional , pasti lebih bermanfaat bagi lebih banyak pemirsa.

Salut kepada Jogja TV dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang telah menyelenggarakan acara ini. Terima kasih Jogja TV

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x