Mohon tunggu...
Suginawati EndangSaputri
Suginawati EndangSaputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo, saya Putri. Lebih lengkapnya Suginawati Endang Saputri. Saya merupakan mahasiswa semester 3 di salah satu perguruan tinggi Islam negeri di Kota Semarang, pada saat saya membuat tulisan ini. Saya sangat tertarik dengan dunia kepenulisan, khususnya tulisan opini.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengajar Les Privat: Sebagai Bentuk Kegiatan Positif Sekaligus untuk Mengasah Skill Mengajar Pesert

16 Juni 2023   09:55 Diperbarui: 16 Juni 2023   10:03 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LAPORAN PENGABDIAN
(Guna memenuhi tugas UTS mata kuliah PPKn) Oleh:
Nama : Suginawati Endang Saputri NIM. : 2108056066

Pengabdian: Mengajar Les Privat
Sebagai mahasiswa yang mengambil prodi pendidikan, tentu saja perlu sekali latihan untuk mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik dan bagaimana cara penyampaian yang baik, yang sekiranya bisa dipahami oleh siswa. Maka dari itu, dengan adanya kesempatan, saya memutuskan untuk bergabung dengan salah satu lembaga bimbel yang ada di Kota Semarang. Tujuannya, selain untuk bisa menghasilkan pendapatan tambahan juga bisa dijadikan sebagai ruang latihan untuk mengajar dan menyampaikan sebagai persiapan menjadi pendidik yang sesungguhnya.

Mengajar les privat juga adalah bentuk pengabdian saya. Pengabdian kepada anak-anak, untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran di luar jam belajar sekolah. Bagi saya ini adalah kegiatan yang menyenangkan, bukan hanya bentuk pengabdian semata. Karena dengan kegiatan ini, saya bisa berbagi ilmu yang telah saya dapatkan kepada mereka.

Sementara ini, saya hanya memegang empat siswa yang saya ajar. Mereka terdiri dari, dua siswa SMP kelas VIII, satu siswa SMP kelas IX, dan satu siswa SMA kelas XI. Dalam seminggu hanya ada satu kali pertemuan untuk setiap siswa, akan tetapi terkadang ada juga siswa yang meminta dua kali pertemuan dalam seminggu. Satu kali pertemuan durasinya hanya satu jam tiga puluh menit. Dan untuk waktu mengajarnya biasanya sudah ada kesepakatan di awal, tak jarang memilih malam hari untuk mengantisipasi tabrakan jam dengan kegiatan lain, baik dari siswa maupun dari saya sendiri.

Pendalaman dan pengulangan belajar dari materi, selalu saya pelajari setiap kali akan berangkat ke rumah siswa sebagai bentuk kesiapan mengajar, tak lupa membawa papan tulis kecil beserta spidol dan penghapusnya sebagai media belajar yang saya gunakan. Untuk buku pegangan sendiri, saya menggunakan buku ajar elektronik yang sudah disediakan oleh lembaga bimbel, tak jarang juga menggunakan buku paket dan buku LKS yang siswa tersebut gunakan.
 

Kriteria WN yang baik

Seperti yang telah telah dipelajari, bahwa warga negara yang baik yaitu terdiri dari enam kriteria, salah satunya adalah bersikap kritis. Dan dari pengabdian yang telah saya lakukan juga termasuk ke dalamnya. Karena seperti yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945 tentang cita-cita Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada, karena masih rendahnya pendidikan di Indonesia. Maka dari itu saya berusaha untuk ikut mewujudkan cita-cita tersebut, dengan cara mengajar anak-anak yang menjadi cikal bakal bangsa Indonesia.
Pengamalan Nilai Pancasila

Mengajar termasuk pengamalan sila kedua Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab. Mengajar juga bentuk kepedulian saya sebagai sesama warga negara yang baik.
Pengamalan Nilai Keislaman

Dalam hadis menyebutkan bahwa sampaikanlah walau satu ayat. Bukan dalam hal agama saja, tetapi ilmu pengetahuan yang lain pun perlu untuk disampaikan kepada siapa saja termasuk kepada siswa yang sedang saya ajar. Dan itu artinya saya juga sedang meneladani salah satu sifat Rasul yaitu Tabligh atau menyampaikan.
Dan selain itu, setiap kali akan mengawali ataupun mengakhiri kegiatan belajar selalu saya biasakan untuk berdoa terlebih dahulu.
Identitas Bangsa

Dari kegiatan ini saya masih menemukan salah satu yang menjadi identitas dari bangsa ini yaitu keramahan dan sopan santun. Dimana setiap kali saya tutup pertemuan, siswa mengantar saya kedepan pintu dan menunggu sampai saya pamit hingga meninggalkan rumahnya. Tak lupa juga dengan 5S.
Nilain Integritas

Salah satu nilai integritas yaitu adalah tanggung jawab, dimana disini saya memiliki tanggung jawab penuh atas apa yang saya sampaikan kepada mereka, tentang kevalidan informasi juga tentang kebenaran ilmu pengetahuan yang saya ajarkan .
 
Dokumentasi Pengabdian

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun