Mohon tunggu...
Asep Sudrasyah
Asep Sudrasyah Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Membaca teks dan konteks

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2014: Guru Nulis Bareng

2 Januari 2014   07:56 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:15 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tahun 2013 saya mendapat kiriman dua buah buku hasil nulis bareng. Yang pertama tulisan berisikan tentang best practice proses belajar mengajar di kelas ditulis oleh guru-guru sekolah dasar. Yang kedua buku tentang kumpulan cerita pendek  ditulis oleh guru-guru sekolah menengah kejuruan.

Selain tertarik pada kontent kedua buku tersebut, juga saya tertarik pada inisiatif mereka menulis buku tersebut.  Mengapa ? Ini mengingatkan saya pada buku-buku lain  yang ditulis oleh asosiasi guru atau kepala  di beberapa sekolah di luar negeri. Ternyata ada guru  di kita yang tidak kalah semangatnya dalam mengembangkan profesi dengan guru-guru di luar negeri.

Saya membayangkannya jumlah guru kita  yang hampir mencapai 3 juta orang. Jika mereka menuliskan tentang apa yang telah dilakukannya sebagai pengalaman terbaik selama menjadi guru maka kita akan mendapatkan sumber tulisan yang kaya. Mungkin tulisannya tidak berupa sekumpulan konsep dan teori bersifat normatif-universal, tetapi lebih merupakan sekumpulan pengalaman praktek terbaik yang pernah dilakukan cocok dengan konteks sosial budaya lokal masing-masing. Katakanlah semacan “theory in use”.

Pemerintah tidak perlu repot lagi melakukan berbagai macan tes kemampuan guru yang menghabiskan waktu dan biaya  mahal jika guru kita telah menpunyai inisiatif diri dalam mengembangkan profesi melalui menulis. Juga para instruktur nasional, regional dan lokal tidak perlu lagi melakukan pelatihan-pelatihan yang bersifat top down yang cenderung memberlakukan ilmu pengetahuan  secara sepihak di luar konteks mereka bekerja. Lebih baik mereka masuk saja ke sekolah bersama guru menyelesaikan masalah. Orientasinya bukan lagi melatih, tetapi membimbing guru melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya. Ini yang disebut praksis—mereka bersama menyelesaikan masalah dalam pekerjaan dan menuliskannya untuk di share and connect (ala kompasiana).  Bukankah sebuah tulisan mengindikasikan kualitas diri penulisnya ?

Konstruksi. Kata yang cocok untuk memperbaiki  kemampuan diri sendiri secara praksis melalui pekerjaan. Kesulitan, hambatan atau kendala yang dialami oleh guru hanya guru-gurulah yang tahu. Seperti halnya kita mau merenovasi rumah yang telah lama kita tempati, hanya kitalah yang tahu mana yang harus diperbaiki dan dikembangkan.Orang lain  hanyalah memberikan masukan apa yang harus diperbaikinya. Tetapi itu semua dilakukan dalam tataran praktek.

Apakah guru nulis bareng di tahun 2014 bisa dilakukan? Tentunya sangat bisa. Ketika mereka ditanya apa kesannya terhadap tulisan yang telah dibuat. Ada satu jawaban yang membuat saya menaruh rasa hormat, yaitu mereka merasa bangga ketika bukunya dibaca orang lain. Klaim  guru terhadap dirinya bahwa ia seorang profesional menjadi tidak perlu. Yang diperlukan adalah pengakuan publik bahwa guru telah profesional seperti yang ditunjukkan melalui tulisannya. Semoga tahun 2014 lebih banyak guru menulis bareng.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun