Mohon tunggu...
Santuso
Santuso Mohon Tunggu... guru bahasa Indonesia dan geografi; penulis di mistertuso.blogspot.com

Penulis, Linguis, Jurnalis, Aktivis, dan Pengajar Ideologis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Selain Mukjizat, Ini 5 Kehebatan Al Quran yang Perlu Kita Sadari

16 Juli 2020   22:21 Diperbarui: 16 Juli 2020   22:10 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selain Mukjizat, Ini 5 Kehebatan Al Quran yang Perlu Kita Sadari
diolah pribadi dari asysyariah.com

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas kemu'jizatan Alquran. Kemu'jizatan Alquran itu yaitu bisa mengalahkan syair-syair Arab yang berjaya pada saat itu dan tidak ada satu pun orang yang sanggup membuat karya serupa Alquran. Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa Alquran adalah kalamullah.

Selain menjadi mu'jizat, ternyata Alquran memiliki banyak kehebatan yang bisa kita rasakan sampai saat ini. Berikut ini 5 kehebatan Alquran yang perlu kita sadari.

Pertama, Mengalahkan Keindahan Syair Arab

Pada saat Alquran diturunkan, syair-syair Arab mengalami puncak kegemilangannya. Banyak orang arab yang ahli di bidang syair. Namun, semua itu dikalahkan oleh Alquran. Seindah-indahnya syair, ternyata lebih indah Alquran. Karena begitu indahnya, Alquran mampu meluluhkan hati seseorang atau membuat seseorang menangis mendengar bacaan Alquran, misalnya seperti Abu Bakar yang sering menangis di kala mendengar bacaan Alquran. Begitu pula, Umar bin Khattab bisa luluh hatinya setelah membaca Alquran dan akhirnya dia masuk Islam.

Di samping itu, meski Alquran dibaca berulang kali, tidak membuat pembacanya merasa bosan. Berbeda dengan syair yang seindah apapun, pasti akan bosan jika dibaca dengan sering. Setiap huruf yang dibaca dari Alquran akan membuahkan pahala.

Kedua, Mengalahkan Kehebatan Sihir

Orang kafir Quraisy yang tidak mampu membuat syair tandingan yang menyerupai Alquran, mereka mengatakan bahwa Alquran adalah sihir yang mampu memisahkan anak dari orang tuanya, orang tua dari anaknya, istri dari suaminya, seseorang dengan saudaranya. Tapi ucapan mereka hanyalah dusta belaka. Walid bin al-Mughiroh (dikutip dalam Siroh Ibnu Hisyam) mengatakan:

"Sungguh, kami telah mengenal seluruh syair..... Yang ringkas maupun yang panjang, namun dia (Alquran) bukanlah syair. Sungguh kami telah menyaksikan tukang-tukang sihir dengan sihir mereka, namun dia (Alquran) bukanlah hembusan-hembusan dan buhul-buhul tali yang mereka gunakan untuk menyihir. Demi Allah, ucapannya sungguh manis, akarnya benar-benar subur, dan cabangnya benar-benar berbuah."

Berdasarkan hal tersebut, Alquran bukanlah sihir, namun Alquran justru mengalahkan sihir. Hal itu bisa kita saksikan saat ini bagaimana ayat-ayat suci Alquran bisa menyembuhkan orang yang terkena sihir atau kerasukan jin dengan metode ruqyah.

Ketiga, Mengalahkan Bahasa Ibu

Alquran banyak dihafal oleh kaum muslimin, bahkan sebelum mereka akil baligh. Misalnya saja, Muhammad Sultan Al-Fatih (penakluk konstantinopel) hafal Alquran 30 juz pada usia 8 tahun. Imam Syafi'ie hafal Alquran pada usia 7 tahun. Begitu pula, banyak lagi hafidz-hafidz kecil yang bisa kita saksikan pada era sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN