Mohon tunggu...
Santuso
Santuso Mohon Tunggu... penulis di mistertuso.blogspot.com

Penulis, Linguis, Jurnalis, Aktivis, dan Pengajar Ideologis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Al Quran Mukjizat? Tiga Tantangan Allah ini Buktinya

16 Juli 2020   20:09 Diperbarui: 16 Juli 2020   22:09 40 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Al Quran Mukjizat? Tiga Tantangan Allah ini Buktinya
olah pribadi

Kita pastinya sudah mengetahui bahwa kitab yang diturunkan kepada Muhammad Saw yaitu Al-Quran merupakan mu'jizat terbesar yang pernah ada. Namun, pernahkah kita berpikir mengapa hanya Al-Qur'an yang menjadi mu'jizat, sedangkan kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya tidak disebut mu'jizat? Mengapa pula Al-Qur'an disebut sebagai mu'jizat terbesar? Berikut penjelasannya.

Al-Qur'an sebagai Mu'jizat

Jika ada yang mengatakan bahwa mu'jizat adalah suatu keajaiban, maka pendapat itu tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya, kemu'jizatan Al-Qur'an tidak sama seperti kemukjizatan yang dimiliki oleh nabi-nabi sebelumnya yang terdengar ajaib. Untuk memahami secara lengkap tentang maksud Al-Qur'an sebagai mu'jizat, ada dua hal yang harus kita pahami terlebih dahulu, yaitu dari aspek definisi dan aspek sejarah turunnya mu'jizat itu.

Pertama dari aspek definisi, mu'jizat secara bahasa berarti i'jaz (melemahkan). Orang atau pelaku yang bisa melemahkan disebut mu'jiz. Kalau pelaku tersebut kemampuan melemahkannya melebihi lawan-lawannya, maka disebut mu'jizat. Dinamakan mu'jizat karena manusia di hadapan mu'jizat ini menjadi lemah (tidak mampu) mendatangkan hal yang semisal / serupa.

Kedua dari aspek sejarah, jika ditinjau dari sejarah diturunkannya Al-Qur'an, pada saat itu sastra Arab sedang mencapai puncak kejayaannya. Hal ini membuat masyarakat Arab pada saat ini mempelajari dan membanggakan syair Arab.

Berdasarkan kedua aspek ini, kita bisa mengetahui maksud Al-Qur'ran menjadi mu'jizat yaitu Al-Qur'an mampu mengalahkan atau melemahkan syair Arab sehingga membuat ayat-ayat dalam Al-Qur'an lebih bagus dan lebih indah dari pada syair-syair Arab yang telah dibanggakan oleh masyarakat Arab pada saat itu. Untuk menunjukkan kemu'jizatannya, Allah Swt menantang siapa saja yang tidak percaya Al-Qur'an adalah kalamullah untuk membuat syair-syair yang semisal Al-Qur'an.

Tantangan Allah

Berikut 3 tantangan Allah kepada masyarakat Arab untuk membuat syair yang mampu mengalahkan Al-Qur'an.

a) Menantang orang Arab membuat satu kiab semisal Al-Qur'an

Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (QS. Al-Isra': 88)

b) Menantang orang Arab membuat sepuluh surat semisal Al-Qur'an

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x