Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Melihat Keselarasan Nilai Pancasila dengan Al Quran

3 Juni 2021   09:05 Diperbarui: 3 Juni 2021   11:15 229 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Keselarasan Nilai Pancasila dengan Al Quran
Nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila selaras dengan tuntunan hidup sesuai Al-Quran (ilustrasi: beritabaru.co)

Sebagai falsafah bangsa, nilai-nilai yang terkandung dalam ke-5 sila Pancasila selaras dengan ajaran Islam. Nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila juga selaras dengan ajaran hidup yang dituntunkan Allah melalui firman-Nya dalam Al-Quran.

Sekarang, mari kita lihat keselarasan Pancasila dengan Al-Quran. Masih ingat kan bunyi ke-5 silanya? Kalau sudah lupa karena saking sibuknya kita mengurus kehidupan sehari-hari, kita ingat kembali bersama-sama.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Melalui sila pertama ini, Pancasila ingin menunjukkan negara kita adalah negara beragama. Pondasi utama dalam agama adalah mempercayai Ke-Esa-an Tuhan.

Dalam Al-Quran, prinsip Tuhan Maha Esa bisa kita baca dalam surah yang sudah kita hafal di luar kepala:

"Katakan (Muhammad), Dialah Allah Yang Maha Esa." (QS Al-Ikhlas: 1)

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Keadilan, dalam segala aspeknya merupakan dambaan setiap individu dan masyarakat. Karena itulah semua agama mengajarkannya, bahkan memerintahkan manusia berlaku adil, tak hanya kepada orang lain juga terhadap dirinya sendiri.

"Katakanlah, Tuhanku menyuruhku berlaku adil." (QS Al-Araf: 29)

Islam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan berlandaskan rasa keadilan. Adil yang dimaksud adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya yang benar. Bahkan terhadap musuh pun, Islam menuntut pemeluknya untuk dapat berlaku adil.

"Hai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa" (QS Al-Maidah: 8)

"Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil" (QS Al-Mumtahanah: 8)

3. Persatuan Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN